Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Hidup

1 Pembaca
Rp 140.000 54%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Hidup. Sistematika buku Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Hidup ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Nur Ayini S. Lalu / Indriani / Tri Septian Maksum / Ayu Rofia Nurfadillah / Sukmawati / Andi Asnifatima / Helfi Nolia R. Tambunan / Ika Subekti Wulandari / Sri Damayanty / Dwi Yunita Haryanti / Pitriani / Zairinayati / Nuning Irnawulan Ishak / Nelson Tanjung / Sukhriyatun Fitriyah / Suparjan Petasule / Hanna D. L. Damanik / Priyadi / Sarinah Basri K. / Anis Rifai / Mustafa / Eko Maulana Syaputra / Riantina Luxiarti / Yunicho / Agus Satory

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233625883
Terbit: Juli 2022 , 447 Halaman










Ikhtisar

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Hidup. Sistematika buku Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Hidup ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai dihadapan pembaca.

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Hidup.

Sistematika buku Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Hidup ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai insiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Bandung, 20 Juni 2022
Editor

Penulis

Nur Ayini S. Lalu - Dilahirkan di Provinsi Gorontalo pada Tanggal 7 Maret 1990. Merupakan anak pertama dari pasangan Sumardi Lalu (Alm) dan Ibu Dra. Hj. Zubaidah Bau. Penulis menyelesaikan program S1 di Program Studi Kesehatan Masyarakat Peminatan Kesehatan Lingkungan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo lulus tahun 2011 dan menyelesaikan program S2 di Program Studi Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan Lingkungan) Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin dan lulus pada tahun 2014. Sejak tahun 2015 hingga kini, penulis menjadi dosen tetap PNS di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo. Selain itu, penulis merupakan Pengurus Daerah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Provinsi Gorontalo periode 2015-2022. Penulis memiliki kepakaran dibidang kesehatan lingkungan, khususnya terkait dengan pencemaran air, logam berat, sanitasi perumahan dan tempat-tempat umum dan analisis risiko kesehatan lingkungan. Penulis sukses menulis buku perdana ber-ISBN yang berjudul “Risiko Logam Berat di Danau” yang telah dijadikan referensi dalam proses perkuliahan, dan telah memperoleh HKI. Adapun bookchapter lainnya berjudul ”Teori Kesehatan Lingkungan dengan nomor ISBN 978-623-5722-94-8. Dan Book chapter lainnya berjudul “Dasar Kesehatan Lingkungan”
Indriani - Penulis lahir di Soppeng pada tanggal 02 Agustus 1989 merupakan dosen tetap di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan lingkungan dimulai pada tahun 2007 ketika melanjutkan studi S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin dan mengambil jurusan Kesehatan Lingkungan. Kecintaan terhadap ilmu ini penulis wujudkan dengan melanjutkan studi S2 tahun 2012 di almamater yang sama dan mengambil konsentrasi Kesehatan Lingkungan dengan fokus penelitan pada habitat nyamuk Anopheles sp. Penulis mempertoleh gelar magister kesehatan masyarakat setelah berhasil menyelesaikan studi pada tahun 2014. Penulis memulai berkarir sebagai dosen sejak tahun 2015 dan terangkat menjadi dosen PNS pada tahun 2018. Penulis aktif menulis book chapter serta melakukan penelitan dan pengabdian masyarakat dalam bidang kepakarannya serta pernah menerima bantuan dana penelitian yang bersumber dari dana DIPA IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2020. Salah satu pelatihan yang pernah diikuti yaitu Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan. Selain itu penulis juga merupakan anggota pengurus IAKMI Provinsi Gorontalo periode 2019-2022.
Tri Septian Maksum - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan lingkungan dimulai sejak tahun 2009. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk mengambil Sarjana Kesehatan Masyarakat (Minat Studi Kesehatan Lingkungan) di Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo dan berhasil lulus pada tahun 2013. Dua tahun kemudian, penulis melanjutkan studi S2 di Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Departemen Kesehatan Lingkungan) Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin dan lulus pada tahun 2017. Sejak tahun 2019 hingga kini, penulis menjadi dosen tetap PNS di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo. Selain itu, penulis merupakan Pengurus Daerah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Provinsi Gorontalo periode 2019-2022. Penulis memiliki kepakaran dibidang kesehatan lingkungan, khususnya terkait dengan pengendalian vektor penyakit, analisis risiko kesehatan lingkungan (environmental health risk assessment), dan analisis risiko mikroba (microbial risk assessment). Dalam mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain sebagai dosen profesional, penulis juga aktif dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh internal perguruan tinggi. Berbagai artikel ilmiah hasil penelitian telah dimuat pada jurnal nasional terakreditasi. Penulis sukses menulis buku perdana ber-ISBN yang berjudul “Analisis Risiko Bahan Kimia melalui Pendekatan ARKL” yang telah dijadikan referensi dalam proses perkuliahan, dan telah memperoleh HKI.
Ayu Rofia Nurfadillah - Penulis telah menyelesaikan studi S1 di Program Studi Kesehatan Masyarakat, Peminatan Kesehatan lingkungan, Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2013. Lulus S2 di Program Studi Kesehatan Masyarakat, Peminatan Kesehatan Lingkungan, Universitas Hasanuddin Tahun 2016. Karirnya dimulai sebagai PNS Dosen di Universitas Negeri Gorontalo (2019 -sekarang).

Selain itu, penulis merupakan Pengurus Daerah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Provinsi Gorontalo periode 2019-2022. Penulis memiliki kepakaran dibidang kesehatan lingkungan, khususnya terkait dengan pengelolaan limbah, epidemiologi Kesehatan lingkungan dan analisis risiko kesehatan lingkungan (environmental health risk assessment). Dalam mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain sebagai dosen profesional, penulis juga aktif dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh internal perguruan tinggi. Berbagai artikel ilmiah hasil penelitian telah dimuat pada jurnal nasional terakreditasi. Selain itu, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Sukmawati - Penulis lahir di Polewali pada tanggal 2 Juli 1991. Ketertarikan Penulis terhadap Ilmu Kesehatan Lingkungan dimuali sejak tahun 2009. Hal tersebut membuat penulis memilih Program Studi Kesehatan Masyarakat Peminatan kesehatan Lingkungan di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan berhasil lulus pada tahun 2013 dan melanjutkan Pendidikan Magister (S2) Program Studi Kesehatan Lingkungan di Universitas Hasanuddin tahun 2014-2016. Saat ini penulis mengabdi menjadi dosen tetap Yayasan di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN) sejak tahun 2017. Saat ini penulis menjabat sebagai Kepala Bidang Publikasi dan Pengelola Jurnal dan pada tahun 2019- Maret 2022 pernah menjadi Kepala Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNASMAN. Penulis aktif melakukan penelitian hibah Kemenristekdikti sejak tahun 2019 – 2021 dan Menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Merdeka pada program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021 yang dilaksanakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, penulis juga aktif menjadi Editor pada jurnal J-Kesmas : Jurnal Kesehatan Masyarakat, Editor pada jurnal PEQGURUANG Conference Series Universitas Al Asyariah Mandar, serta Editor pada Jurnal SIPISSANGNGI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Andi Asnifatima - Penulis mengenal Ilmu Kesehatan Lingkungan saat menempuh pendidikan di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin Makassar pada Tahun 2005-2010 dan memutuskan menekuni peminatan dengan bidang keilmuan Kesehatan Lingkungan yang kemudian melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar Magister Kesehatan (M. Kes) pada tahun 2012 pada peminatan dan program studi yang sama dan lulus tahun 2014.

Penulis memulai karir sebagai seorang dosen tidak tetap (DTT) di Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Muhammadiyah Makassar sejak tahun 2012-2014, kemudian hijrah ke Jakarta pada tahun 2015 dan melanjutkan karir menjadi dosen tidak tetap (DTT) di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sampai tahun 2017. Sejak tahun 2017 sampai sekarang (2022) menjadi dosen tetap profesional di Universitas Ibn Khaldun Bogor pada Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan dan diamanahi menjadi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Kerjasama dan Dakwah sembari aktif menjalankan kewajiban tri dharma perguruan tinggi.
Helfi Nolia R. Tambunan - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan dimulai pada tahun 1993. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Pembantu Penilik Hygyene di Jambi berhasil lulus pada tahun 1994. Setelah menyelesaikan pendidikan penulis bekerja di Puskesmas Jembatan Kecil Kota Bengkulu pada tahun 1995 selama 9 (sembilan) tahun sebagai sanitarian (petugas Kesehatan Lingkungan). Pada tahun 2004 penulis pindah tugas ke Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Selama 2 (dua) tahun. Selanjutnya dari tahun 2006 – 2019 penulis bekerja di seksi kesehatan lingkungan sebagai fungsional sanitarian di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi ketika di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu melalui beasiswa Kemenkes dan berhasil menyelesaikan studi S2 di Prodi Kesehatan Masyarakat pada tahun 2014 jurusan Kesehatan Lingkungan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Sejak tahun 2020 penulis pindah ke Poltekkes Kemenkes Medan di Jurusan Kesehatan Lingkungan. Penulis memiliki kepakaran dibidang Kesehatan Lingkungan. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi (Poltekkes Kemenkes Medan) dan KEMRISTEKDIKTI melalui SIMLITABKES.
Ika Subekti Wulandari - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan dimulai pada tahun 2006 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk Program Studi Ilmu Keperawatan Profesi Ners di Universitas Diponegoro Semarang dan berhasil lulus pada tahun 2011. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke program magister keperawatan dengan peminatan gawat darurat di Universitas Brawijaya Malang dan lulus tahun 2014.

Penulis tertarik dengan berbagai bidang dalam ilmu keperawatan khususnya keperawatan gawat darurat. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu keperawatan.
Sri Damayanty - Penulis lahir di Boro-Boro (Konawe Selatan), 15 September 1987, merupakan dosen Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna. Salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Menempuh pendidikan Sarjana di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari pada tahun 2006 hingga 2010, mengambil konsentrasi Epidemiologi. Kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar pada tahun 2012 dan selesai tahun 2014, dengan mengambil konsentrasi Kesehatan Lingkungan.

Ketertarikan penulis terhadap ilmu lingkungan dimulai pada tahun 2006 silam, sehingga penulis mengambil topik Skripsi mengenai Pengelolaan Sampah di Pasar, meskipun berada pada konsentrasi Epidemiologi. Di Universitas Halu Oleo pada tahun tersebut, konsentrasi Kesehatan Lingkungan belum didirikan.

Penulis memulai karir sebagai Pengajar dimulai tahun 2010 sebagai Asisten Dosen sekaligus Staff Akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Konawe. Hanya sampai tahun 2012, sebab penulis melanjutkan kuliah Pascasarjana sekaligus sebagai Penerima Beasiswa Unggulan (Calon Dosen) oleh DIKTI.

Penulis konsen di bidang Kesehatan Lingkungan, yang diwujudkan dengan giat melakukan publikasi mengenai Kesehatan secara umum, dan mengenai Lingkungan secara khusus, baik pada Jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional. Dua penelitian didanai oleh Kemenristek DIKTI skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) pada tahun 2019 dan 2020.
Dwi Yunita Haryanti - Lahir di Trenggalek, 19 Juni 1982. Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan dimulai pada tahun 2001 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jember dan berhasil lulus pada tahun 2004. Penulis sempat menjalani profesi perawat klinis di Aseer Central Hospital – KSA selama 3 tahun, kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana keperawatan di Universitas Muhammadiyah Jember dan lulus pada tahun 2014. Penulis tertarik dengan bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sehingga pada tahun 2016-2018 penulis melanjutkan pendidikan program magister kesehatan di Universitas Jember dengan mengambil kepakaran Keselamatan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan. Saat ini penulis aktif sebagai tenaga pengajar di program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis aktif sebagai peneliti dibidang kepakaran tersebut. Penulis juga aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat dan menulis artikel ilmiah sesuai bidang kepakaran yang telah terpublikasi di jurnal nasional terakreditasi dengan harapan bisa memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan, ilmu dan teknologi.
Pitriani - Adalah tenaga pengajar FKM Universitas Tadulako, bidang keilmuan spesifik adalah Kesehatan Lingkungan. Penulis menempuh Pendidikan S1 di FKM Universitas Muslim Indonesia (2007-2011) dan Pendidikan S2 di FKM Universitas Hasanuddin (2012-2014) dengan minat studi kesehatan lingkungan. Penulis telah menyusun beberapa buku ajar terkait kesehatan lingkungan diantaranya Epidemiologi Kesehatan Lingkungan (2019), Dasar Kesehatan Lingkungan (2020), Pengelolaan Limbah Padat, Cair dan Gas (2021) dan menyususn bookchapter Kesehatan Lingkunngan & Lingkungan Hidup (2022) dan Teori Kesehatan Lingkungan (2022) melalui kolaborasi dengan penulis bidang kesehatan lingkungan di Indonesia.
Zairinayati - Seorang dosen Kesehatan Lingkungan Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi (IKesT) Muhammadiyah Palembang Fakultas Sains dan Teknologi adalah Putri Pertama dari pasangan Mursal dan Huzaimah, AMd. Menyelesaikan Pendidikan formalnya sebagai seorang Ahli Madya Kesehatan Lingkungan Muhammadiyah Palembang (2002), S1 Kesehatan Masyarakat Bina Husada Palembang (2009), Program S2 Magister Kesehatan dari Universitas Diponegoro Semarang (2012).

Mengawali karirnya di IKesT Muhammadiyah Palembang ini sejak tahun 2005 sebagai staf Pendidikan AKL Muhammadiyah Palembang, pada tahun 2006 mulai belajar menjadi tenaga pengajar. Penulis mulai ditugaskan sebagai sekretaris program studi (2007), kemudian naik sebagai Ketua Program Studi (2011-2019)

Penulis dengan pangkat Lektor ini kemudian diangkat sebagai Kepala Bagian Adminstrasi Akademik (BAAK) tahun 2020, dan kini penulis sedang menduduki sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi IKesT Muhammadiyah Palembang. Selain menjadi dosen, penulis juga aktif dalam melakukan penelitian dan pernah dua kali mendapatkan hibah penelitian dari Kemristekdikti, aktif melakukan publikasi hasil penelitian, dan pengabdian masyarakat. Aktivitas lainnya adalah sebagai pengurus organisasi profesi HAKLI provinsi Sumatera Selatan (2016-2021) dan aktif dalam kegiatan Asosiasi Institusi Pendidikan Tenaga Sanitasi Indonesia (AIPTSI).
Nuning Irnawulan Ishak - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan lingkungan dimulai pada tahun 2007 silam. Penulis melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS HALU OLEO pada tahun 2011. Dua tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi ILMU KESEHATAN MASYARAKAT KONSENTRASI KESEHATAN LINGKUNGAN PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS HASANUDDIN. Tahun 2015 kemudian menjadi dosen tetap di UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB BANJARMASIN. Penulis saat ini sedang menempuh sekolah Doktoral di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Kesehatan Masyarakat Spesifik Keilmuan Kesehatan Lingkungan. Penulis mengampu mata kuliah Dasar Kesehatan Lingkungan, Manajemen Risiko Pencemaran Lingkungan, Analisis Kualitas Lingkungan, Pengelolaan Limbah Padat, Cair dan Gas, Manajemen Bencana, dan Pengelolaan Mitigasi dan Adaptasi Bencana. Sebagai dosen profesional, penulis pun aktif dalam aktivitas dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif sebagai editor jurnal nasional terakreditasi dan menjadi tim ahli penilai AMDAL Kota Banjarmasin sejak tahun 2020-sekarang. Dengan menulis buku, besar harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara tercinta dengan mewariskan ilmu bermanfaat kepada pembaca.
Nelson Tanjung - Dimulai pada tahun1995 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Sumatera Utara Fakultas Kesehatan Masyarakat peminatan Kesehatan Lingkungan dan berhasil lulus pada tahun 1998. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Program Pasca Sarjana (S.2) Universitas Gadjah Mada peminatan Kesehatan Lingkungan dan berhasi lmenyelesaikan studi S2 di pada tahun 2005 Penulis sebaga i Dosen tetap di Jurusan Kesehatan Lingkungan, memiliki kepakaran dibidang Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan khususnya bidang Ilmu Sanitasi dan Kesehatan lingkungan. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti aktif sebagai pengurus Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Provinsi Sumateara Utara dan juga aktif melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berhubungan bagian dari Sanitasi dan Kesehatan lingkungan bagian dari Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sukhriyatun Fitriyah - Lahir di Indramayu tahun 1985. Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan masyarakat sejak tahun 2005 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk jurusan kuliah di bidang kesehatan masyarakat jenjang sarjana dan lulus tahun 2009 di STIKes Mahardika Cirebon. Kemudian melanjutkan studi S2 di Fakultas Kedokteran Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran tahun 2015 dan menyelesaikan studi S2 tahun 2017.

Dalam mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kesehatan masyarakat yaitu di bidang kesehatan lingkungan. Beberapa penelitian yang telah dilakukan telah didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristekdikti. Selain melakukan penelitian, penulis juga aktif dalam kegiatan pengabdian dimana berhasil menjadi pelopor Bank Sampah tahun 2019 dan berjalan hingga saat ini yang telah didanai oleh pemerintah desa Singaraja serta CSR TBBM Pertamina Balongan. Untuk menunjang tri Dharma perguruan tinggi, penulis juga aktif dalam kepengurusan IAKMI Cab. Indramayu yang saat ini membawahi bidang pengabdian pada masyarakat. Kegiatan menulis buku ini dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Suparjan Petasule - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan lingkungan dimulai sejak tahun 2008. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk mengambil Sarjana Kesehatan Masyarakat (Minat Studi Kesehatan Lingkungan) di Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo dan berhasil lulus pada tahun 2012. Sejak Tahun 2012, penulis aktif bekerja dalam bidang lingkungan khususnya AMDAL. Pada Tahun 2019 penulis diangkat menjadi PNS di Puskesmas Pinogu dan saat ini menjabat sebagai Kepala Puskesmas Pinogu, Kabupaten Bone Bollango. Selain itu, penulis merupakan Sekretaris Pengurus Cabang Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) di Kabupaten Bone Bolango. Penulis juga aktif dalam melakukan kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah yang telah dimuat pada jurnal nasional terakreditasi.
Hanna D. L. Damanik - lahir di Sibolga pada tanggal 12 April 1979. Penulis mengikuti Jenjang Pendidikan Formal S1 pada FKM USU (2001) dan sejak mengikuti pendidikan, penulis mulai merasakan ketertarikan pada ilmu kesehatan lingkungan dan memilihnya sebagai peminatan/kekhususan studi. Penulis mengawali karirnya di Poltekkes Kemenkes Palembang Prodi D III Keperawatan sebagai salah satu tenaga pengajar/dosen pada tahun 2003. Pada tahun 2008, penulis mendapat kesempatan untuk meningkatkan pendidikan ke jenjang S2 pada FKM UI dengan mengambil peminatan Kesehatan Lingkungan. Sejak tahun 2003 s/d 2020 , penulis bertugas sebagai dosen pada Prodi D III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palembang. Kemudian sejak Tahun 2021, penulis menjadi salah satu tenaga dosen pada Prodi D III Sanitasi Poltekkes Kemenkes Palembang, sesuai dengan latar belakang pendidikan, yakni memiliki kepakaran di bidang Kesehatan Lingkungan. Selama menekuni karir sebagai dosen, Penulis pun aktif melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan pada jurnal dan prosiding nasional. Penulis memiliki harapan buku dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini serta dapat mengembangkan keilmuan kesehatan lingkungan.
Priyadi - Kelahiran Palembang pada 15 Nopember 1974, Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan lingkungan dimulai pada tahun 1994 ketika menuntut ilmu kesehatan lingkungan di Akademi Kesehatan Lingkungan Muhammadiyah Palembang. Hal tersebut membuat penulis semakin memahami peran penting kesehatan lingkungan dalam pembangunan bidang kesehatan. Penulis setelah menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 memilih fokus pada dunia pendidikan. Pengalaman penulis dari Tahun 2000 sebagai sanitarian puskesmas, kepala puskesmas, kepala bidang promosi dan pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan memberikan motivasi untuk terus berkontribusi pada bidang kesehatan lingkungan khususnya mendidik para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dan pengkaderan sanitarian yang handal dan profesional pada Jurusan Kesehatan Lingkungan Program Studi DIII Sanitasi Poltekkes Kemenkes Palembang. Penulis telah melakukan beberapa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berhubungan dengan pengembangan keilmuan kesehatan lingkungan sebagai seorang dosen. Penulis dengan penghargaan Satya Lencana Karya Satya atas 20 tahun pengabdiannya sebagai aparatur negara tetap berupaya agar keilmuan kesehatan lingkungan semakin berkembang dan diminati oleh para generasi muda dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Sarinah Basri K. - Penulis memperoleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat pada Jurusan Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja (KLKK), Universitas Nusa Cendana (UNDANA) tahun 2011 dan gelar Master Kesehatan Masyarakat pada Jurusan Kesehatan Lingkungan, Universtas Hasanudin Makassar pada tahun 2014. Dari tahun 2015 penulis menjadi dosen pada salah satu perguruan tinggi swasta di Indramayu, Jawa Barat yakni Universitas Wiralodra, kemudian pada tahun 2021 penulis menjadi dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia. Saat ini penulis juga sedang menempuh studi pada Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin. Kepakaran penulis dibidang kesehatan masyarakat yang diwujudkan penulis sebagai dosen profesional melalui karya ilmiah yang telah dipublikasikan berupa artikel Nasional maupun Intenasional, buku yang memiliki ISBN dan beberapa karya tulis telah memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) serta pernah berpartisipasi dalam Kompetisi Nasional yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro dan berhasil dinobatkan sebagai Pemenang 10 terbaik kompetisi artikel ilmiah tahun 2021.
Anis Rifai - Ketertarikan penulis terhadap dunia hukum dimulai sejak kecil. Hal tersebut membuat Penulis memilih untuk mengambil Sarjana Ilmu Hukum (S1) di Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor pada tahun 2007. Setelah lulus S1 kemudian mengambil Pendidikan Profesi Advokat dan berkecimpung di dunia hukum dengan menjadi Advokat sejak tahun 2011. Kemudian tahun 2012 mengambil Magister Hukum (S2) di Universitas Indonesia. Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 2014 Penulis melanjutkan pendidikan di jenjang Doktor Ilmu Hukum (S3) di Universitas Sebelas Maret Surakarta dan lulus sebagai Doktor Ilmu Hukum pada tahun 2019. Setelah mendapatkan gelar Doktor, Penulis ingin berkontribusi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengabdi sebagai Dosen Magister Hukum Universitas Al Azhar Indonesia sejak tahun 2019 sampai dengan sekarang. Saat ini, sehari-hari Penulis disibukkan dengan berbagi kegiatan sebagai praktisi, akademisi dan menjadi Ahli Hukum Pidana, Ahli Hukum Perdata, Ahli Hukum Perusahaan dan Ahli Hukum Kepailitan pada berbagai perkara di tingkat Polsek, Polres, Polda, Mabes Polri, Pengadilan Negeri dan Mahkamah Agung RI.
Mustafa - Lahir di Tansie,Kab. Pinrang, 22 Agustus 1988. Penulis memiliki ketertarikan menulis baku tentang Kesehatan lingkungan terutama masalah pencemaran lingkungan karena sejak menempuh Pendidikan S1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, penulis tertarik mengambil jurusan Kesehatan Lingkungan pada tahun 2009-2013, kemudian untuk memahami lebih jauh lagi tentang Kesehatan lingkungan, penulis melanjutkan Pendidikan Magister (S2) Program Pascasarjana di Fakultas Kesehatan Masyarakat Jurusan Kesehatan Lingkungan pada tahun 2014-2016. Saat ini aktif sebagai tenaga pengajar di Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palu. Penulis pakar dibidang pengendalian vector, pencemaran lingkungan, Sanitasi tempat-tempat umum dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Penulis juga aktif melakukan pengabdian masyarkat. Selain meneliti dan pengabdian masyarakat, penulis juga aktif menulis artikel ilmiah yang telah dimuat pada jurnal Nasional terakreditasi dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia Pendidikan, bangsa dan negara.
Eko Maulana Syaputra - Lahir di Rantau Prapat, Sumatera Utara 16 September 1991. Lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun 2013 dengan peminatan kesehatan lingkungan dan keselamatan kerja. Penulis melanjutkan kuliah S2 dan memperoleh gelar Master of Public Health (M.P.H.) dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 2016 dengan peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Sehari-hari penulis bekerja sebagai praktisi K3 dengan aktif mengisi pelatihan K3 serta juga sebagai penggiat kesehatan masyarakat. Selain itu, penulis juga bekerja sebagai dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra Indramayu sejak tahun 2017 hingga sekarang. Penulis aktif menulis artikel penelitian di jurnal penelitian yang terakreditasi nasional dan prosiding internasional. Penulis juga berhasil meraih hibah pendanaan penelitian skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) dari Kemenristekdikti tahun 2019 dan 2020. Penulis juga aktif menulis buku dan beberapa modul. Buku yang telah ditulis antara lain buku penyediaan air bersih serta modul dasar-dasar kesehatan dan keselamatan kerja. Book chapter Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Hidup serta Dasar Kesehatan Lingkungan.
Riantina Luxiarti - Penulis merupakan Lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun 2013 dengan peminatan Epidemiologi dan penyakit tropis. Penulis melanjutkan kuliah S2 dan memperoleh gelar Master of Public Health (M.P.H.) dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 2016 dengan peminatan ilmu perilaku dan promosi kesehatan. Penulis aktif mengajar sebagai Dosen di prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, dan prodi Kesehatan Masyarakat di STIKes Mahardika Cirebon sejak tahun 2017 hingga sekarang. Penulis aktif menulis artikel penelitian dan pengabdian masyarakat di jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat yang terakreditasi nasional dan prosiding internasional. Penulis juga berhasil meraih hibah pendanaan penelitian skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) dari Kemendikbudristek tahun 2021. Penulis telah menulis beberapa bookchapter yaitu kesehatan dan lingkungan hidup, Manajemen Bencana dan Kejadian Luar Biasa, serta Promosi Kesehatan. Penulis mengampu beberapa mata kuliah di rekam medis, diantaranya yaitu Mutu Peleyanan Rekam Medis, Sistem Manajemen Mutu dan Statistik Pelayanan Kesehatan. Penulis berharap tulisan ini dapat membantu dan memberikan tambahan pengetahuan bagi siapapun yang membacanya.
Yunicho - Dilahirkan di Sukamaju (Luwu Utara) tanggal 07 Februari 1989, Penulis menempuh pendidikan dasar di SD Negeri 402 Balete, melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 1 Sukamaju, dan SMA Negeri 1 Sukamaju, penulis juga memperoleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat pada Jurusan Kesehatan Lingkungan di FKM Universitas Hasanuddin tahun 2011 dan memperoleh gelar Master Kesehatan Masyarakat pada Jurusan Kesehatan Lingkungan di Universitas Hasanuddin tahun 2014. Penulis aktif mengajar sebagai Dosen di Bidang Ilmu Kesehatan Lingkungan pada Program Studi Sanitasi Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar sejak tahun 2015 sampai saat ini. Penulis mengampuh beberapa mata kuliah seperti Entomologi, Pengendalian vektor, AMDAL, Pengolahan sampah, Ekologi, Mikrobiologi, Penyehatan tanah dan Metodologi penelitian. Penulis juga melaksanakan penelitian dibidang kesehatan lingkungan dan pengabdian kepada masyarakat seperti penyuluhan serta pernah terlibat kerjasama dengan UNICEF dalam beberapa program salah satunya program eliminasi penyakit malaria. Selain sebagai pengajar dan peneliti, penulis ingin berkontribusi lebih dengan menulis buku, harapan penulis tidak lain agar dapat menyebar kebaikan untuk investasi akhirat.
Agus Satory - Lulus S1 dan S2 dengan predikat cum laude dari Universitas Pakuan Bogor, dan meraih gelar Doktor Ilmu Hukum (S3) dari Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tanggal 26 April 2022 dengan IPK = 3,896. Meniti karier sebagai seorang akademisi sejak tahun 1999 sampai sekarang. Jabatan di lingkungan FH Universitas Pakuan yang pernah diembannya antara lain : Ketua Bagian Hukum Ekonomi dan Bisnis (2011-2015), Sekretaris Program Studi Ilmu Hukum Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan (2017-2020), Wakil Dekan Bidang SDM & Keuangan (5 Agustus 2020 s/d 16 April 2021), dan Ketua Pusat Unggulan Perlindungan Konsumen (2021-2025). Aktif menulis artikel di beberapa jurnal nasional terakreditasi (SINTA) dan jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus.

Jabatan lain di luar kampus antara lain : Anggota MPDN Kota Bogor selama 3 Periode (Tahun 2014-2024), Anggota BPSK Kota Bogor selama 3 periode (Tahun 2005-2020). Tenaga Ahli Hukum di PPATK Tahun 2009-2010, BNPT Tahun 2012-2013, dan di beberapa Kementerian dan Pemerintah Daerah.

Keikutsertaan dalam organisasi antara lain : Koordinator Bidang Pendidikan DPC PERADI Kota Bogor (Tahun 2018-2023), Sekretaris Bidang Hukum & Advokasi Majelis Pengurus ICMI Orda Kota Bogor (2015-2020), dan Ketua Departemen Perindustrian dan Perdagangan Dewan Pengurus Pimpinan Tertinggi Asosiasi Profesor Doktor Hukum Indonesia (DPPT APDHI) Periode 2017-2022.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Konsep Dasar, Paradigma dan Lingkup Kesehatan Lingkungan
     Konsep Dasar
     Definisi Ilmu Lingkungan
     Definisi Ilmu Kesehatan Lingkungan
     Definisi Ilmu Sanitasi Lingkungan
     Paradigma dan Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan
     Sasaran Kesehatan Lingkungan
     Perkembangan Ilmu Kesehatan Lingkungan
     Masalah-Masalah Kesehatan Lingkungan di Indonesia
Bab 2. Dasar-Dasar Kesehatan Lingkungan
     Sejarah dan Perkembangan Kesehatan Lingkungan
     Teori Dasar
     Penyakit Berbasis Lingkungan
     Pendekatan Sistem dalam Kesehatan Lingkungan
     Intervensi dan Kontrol
Bab 3. Epidemiologi dan Ekologi dalam Kesehatan Lingkungan
     Konsep Epidemiologi dalam Kesehatan Lingkungan
     Konsep Ekologi dalam Kesehatan Lingkungan
Bab 4. Kesehatan Lingkungan Pesisir dan Kepulauan
     Kawasan Pesisir dan Kepulauan
     Isu Masalah Kesehatan Lingkungan di Wilayah Pesisir
     Sanitasi Lingkungan Pesisir dan Kepulauan
     Endemitas Penyakit di Wilayah Pesisir dan Kepulauan
     Pencemaran Lingkungan Pesisir dan Kepulauan
Bab 5. Hubungan Manusia dengan Lingkungan dan Pengaruh Lingkungan terhadap Kesehatan
     Hubungan Manusia dengan Lingkungan
     Pengaruh Lingkungan Terhadap Kesehatan
Bab 6. Prinsip, Parameter dan Kriteria Pengendalian Kesehatan Lingkungan
     Prinsip Pengendalian Kesehatan Lingkungan
     Parameter Pengendalian Kesehatan Lingkungan
     Kriteri Pengendalian Kesehatan Lingkungan
Bab 7. Peran dan Kode Etik Tenaga Kesehatan dalam Kesehatan Lingkungan
     Etika
     Jenis – Jenis Etika
     Profesi
     Etika Profesi
     Etika Profesi Tenaga Kesehatan Lingkungan
Bab 8. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
     Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
     Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tatanan Rumah
     Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tatanan
     Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tatatan Tempat
     Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tatatan Fasilitas
     Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tatanan Tempat
Bab 9. Penyehatan, Pengelolaan, Penyediaan Air Bersih dan Makanan/Minuman
     Air Bersih
     Makanan / Minuman
Bab 10. Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Kerja
     Pengertian
     Hierarki Pengendalian
     Pengukuran dan Pengendalian Lingkungan Kerja
     Higiene dan Sanitasi Lingkungan Kerja
Bab 11. Pengelolaan Limbah
     Penanganan Limbah Padat
     Penanganan Limbah Cair
     Penanganan Limbah Gas
Bab 12. Promosi Kesehatan dan Inovasi Kesehatan Lingkungan
     Promosi Kesehatan
     Inovasi Kesehatan Lingkungan
Bab 13. Konsep Dasar dan RUang Lingkup Lingkungan Hidup
     Pendahuluan
     Konsep Dasar Lingkungan Hidup
     Ruang Lingkup Lingkungan Hidup
     Permasalahan Lingkungan Hidup Global
Bab 14. Manajemen Lingkungan Hidup
     Pengertian Manajemen Lingkungan Hidup dan
     Sistem Manajemen Lingkungan
     Ilmu Lingkungan
     Konsep Ekologi dan Sumber daya Alam
Bab 15. Prinsip-Prinsip Pengendalian Lingkungan dan Permasalahan Lingkungan Hidup
     Masalah Lingkungan Hidup
     Permasalahan dan Pengendalian Lingkungan Udara
     Permasalahan Lingkungan Air dan Pengendaliannya
     Prinsip – Prinsip Pengelolaan Pencemaran Tanah
     Pemulihan Tanah yang Terkontaminasi
Bab 16. Perlindungan, Pemantauan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
     Pendahuluan
     Perlindungan Lingkungan Hidup
     Pemantauan Lingkungan Hidup
     Pengelolaan Lingkungan Hidup
Bab 17. Analisis mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL)
     Pendahuluan
     Pengertian AMDAL
     Fungsi dan Manfaat AMDAL
     Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib
     Dasar Penetapan dan Kriteria Dampak Penting
     Pelingkupan
     Metode Studi
Bab 18. Pencemaran, Rekayasa dan Dampak Pencemaran Lingkungan
     Pencemaran Lingkungan
     Rekayasa Lingkungan
     Dampak Pencemaran Lingkungan
Bab 19. Sanitasi Lingkungan
     Konsep Sanitasi
     Definisi Sanitasi Lingkungan
     Tujuan Sanitasi Lingkungan
     Prinsip Pendekatan dalam Sanitasi Lingkungan
     Masalah Sanitasi Lingkungan
     Komponen Sanitasi Lingkungan
     Elemen Pembangunan Sanitasi Lingkungan
     Regulasi Pengelolaan Sanitasi Lingkungan
Bab 20. Tindak Pidana dan Hukum Lingkungan
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Delik Materil (Materiil Delict)
     Delik Formil (Formeel Delict)
     Kesimpulan
Bab 21. Pencemaran Lingkungan
     Pengertian Pencemaran
     Pengertian Lingkungan
     Pengertian Pencemaran Lingkungan
     Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan
     Pengendalian Pencemaran Lingkungan
Bab 22. Penyediaan Air Bersih dan Teknik Pengolahan Air Bersih
     Peranan Air Bagi Kehidupan
     Sumber Air
     Sistem Penyediaan Air Bersih
     Persyaratan Penyediaan Air Bersih
     Teknik Pengolahan Air Bersih
Bab 23. Toksikologi Lingkungan
     Pengertian Toksikologi Lingkungan
     Jenis dan Sumber Toksik di Lingkungan
     Bahan Kimia di Lingkungan
     Persistensi Zat Kimia di Lingkungan
     Proses Degradasi Kimia
     Perjalanan Bahan Toksik dalam Tubuh Manusia
     Efek Toksik pada Kesehatan dan Lingkungan
Bab 24. Pengendalian Vektor Penyakit
     Pengertian Vektor Penyakit
     Bionomik Vektor Penyakit
     Pengendalian Vektor Penyakit
Bab 25. Hak Gugat Organisasi Lingkungan Hidup
     Pendahuluan
     Istilah dan Pengertian
     Peranan Organisasi Lingkungan dalam Pengelolaan
     Public Trust Doctrine dan Hak Gugat Organisasi
     Konsep Gugatan LSM Berdasarkan Pemberian Hak oleh
     Kedudukan Hukum Organisasi Lingkungan Hidup
     Kesimpulan
Cover Belakang