Tampilkan di aplikasi

Buku MNC Publishing hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

5 Pilar Kepemimpinan Di Abad 21

1 Pembaca
Rp 80.000 4%
Rp 77.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 231.000 13%
Rp 66.733 /orang
Rp 200.200

5 Pembaca
Rp 385.000 20%
Rp 61.600 /orang
Rp 308.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku Lima Pilar Kepemimpinan ini adalah sebuah oase yang menyegarkan tandusnya padang pasir nilai dan etika, serta praktek kepemimpinan di Indonesia. Masyarakat sudah muak dipertontonkan kemunafikan, kepalsuan, kepura-puraan, dan rendahnya moralitas sang pemimpin. Diawal muncul sang pemimpin tampil dengan segenap citra yang hebat luar biasa, dielu-elukan bak selebritis tersohor, kiprah dan sumbangan, donasi yang membuat orang terkesima. Tetapi diakhir, saat masih menjabat atau purna tugas, dimana saatnya harus berbagi dan mencurahkan waktu lebih banyak untuk keluarga, di kala harus mencurahkan diri untuk sosial keagamaan, ternyata harus merenung, berzikir, beribadah, dan habiskan waktu dibalik jeruji besi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Dr. dr. Agustinus Johanes Djohan, M.M., FIAS. / Dr. dr. A.J. Djohan, MM
Editor: Dr. drg. Rosihan Adhani, S.Sos., M.S.

Penerbit: MNC Publishing
ISBN: 9786026931047
Terbit: Maret 2022 , 223 Halaman










Ikhtisar

Buku Lima Pilar Kepemimpinan ini adalah sebuah oase yang menyegarkan tandusnya padang pasir nilai dan etika, serta praktek kepemimpinan di Indonesia. Masyarakat sudah muak dipertontonkan kemunafikan, kepalsuan, kepura-puraan, dan rendahnya moralitas sang pemimpin. Diawal muncul sang pemimpin tampil dengan segenap citra yang hebat luar biasa, dielu-elukan bak selebritis tersohor, kiprah dan sumbangan, donasi yang membuat orang terkesima. Tetapi diakhir, saat masih menjabat atau purna tugas, dimana saatnya harus berbagi dan mencurahkan waktu lebih banyak untuk keluarga, di kala harus mencurahkan diri untuk sosial keagamaan, ternyata harus merenung, berzikir, beribadah, dan habiskan waktu dibalik jeruji besi.

Pendahuluan / Prolog

Pendahuluan
Tragedi dalam sejarah manusia bukan hanya karena orangorang jahat yang menjadi pemimpin,tetapi disebabkan juga karena orang yang baik gagal untuk menjadi pemimpin. Orang-orang yang baik gagasannya terpendam, kering bagi sesama dan tidak berani tampil sebagai pemimpin.

Menurut riset dari Lingkaran Survey Indonesia (LSI) pimpinan Denny J.A, level ketidak percayaan publik terhadap elit politik terus meningkat dari tahun ketahun. Survey terakhir 3-5 Juli 2013, ternyata 51,5 % publik tidak percaya dengan elit politik di Indonesia. Ratusan kepala daerah dan puluhan anggota DPR terjerat kasus hukum (korupsi).

Banyak elit politik dan kepala daerah kompetensinya diragukan, dan keberaniannya patut dipertanyakan, terutama keberanian internal. Integritas sering menjadi masalah utama ketidak percayaan masyarakat. Para elit politik tersebut perilakunya tidak dapat dicontoh. Lain dimulut,lain perilakunya, munafik, sehingga kredibilitasnya merosot, padahal sebelum menjabat telah bersumpah.

Saat ini secara sederhana kalau kita menanyakan kepada orang-orang sekitar kita,tampak ketidak percayaan tersebut lebih meningkat lagi. Kondisi ini menunjukkan bahwa saat ini Indonesia sudah mengalami krisis kepemimpinan. Kondisi inilah yang mendorong penulis untuk menulis buku ini.

Buku ini berisi teori-teori ilmiah,aplikasi teori, contoh-contoh kasus,quotation yang mendukung teori, pendapat para pakar, serta pengalaman penulis sebagai pemimpin sejak mahasiswa, kepala puskesmas, guru SLTA, direktur rumah sakit, direktur pasca sarjana, dan kegiatan kegiatan organisasi lainnya. Dengan demikian buku ini bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan para praktisi. Sistimatika disusun sehingga memudahkan pembaca menentukan kelompok dari suatu pokok bahasan.

Isi pokok buku ini adalah lima pilar kepemimpinan, yaitu : kekuasaan, kompetensi, kredibilitas, kemauan & semangat, serta keberanian. Kelima pilar tersebut dibahas secara lebih mendetail pada bab-bab selanjutnya. Selain peran kepemimpinan kontemporer, dibahas juga peran kepemimpinan klasik yang merupakan bagian budaya Indonesia masa lalu, namun masih relevan sampai sekarang, yaitu Hasta Brata & ajaran Ki Hajar Dewantara.

Agar buku ini memberi manfaat praktis bagi para pemimpin atau manajer, maka dikemukakan juga ‚Basic Leadership Tools‛ berupa aplikasi dari teori XY (McGregor) & aplikasi dari teori kebutuhan individu (A.Maslow). Aplikasi kedua teori ini sangat bermanfaat untuk menentukan gaya kepemimpinan yang sesuai.

Agar para pemimpin menjadi pemipin yang efektif dan bermutu, agar tidak terjerumus menjadi pemimpin yang impoten atau pemimpin yang beracun, maka pada akhir tulisan ini, penulis menyampaikan bahasan mengenai pemimpin yang bermutu, pemimpin yang impoten, dan pemimpin yang beracun.

Penulis

Dr. dr. Agustinus Johanes Djohan, M.M., FIAS. - Dr. dr. Agustinus Johanes Djohan, M.M., FIAS. biasa disingkat A. J. Djohan, lahir di Sampit. Lulus Pendidikan Dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya Jakarta 1978.

Kemudian penulis menyelesaikan pendidikan Master of Business Administration di Institut Manajemen John Luther Indonesia, kelas jauh John Luther University, Salt Lake City, Utah 1992. Penulis lulus S-2 di Magister Manajemen STIE IPWI Jakarta 1993. Selain itu, penulis juga menyelesaikan pendidikan doktor Ilmu Ekonomi dengan Kajian Pemasaran Rumah Sakit pada Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada tahun 2006. Penulis juga mengikuti berbagai kursus manajemen dan kesehatan di dalam dan luar negeri.

Penulis pernah bertugas sebagai Kepala Puskesmas Kecamatan Kurau dan Puskesmas Kecamatan Pelaihari, Rumah Sakit H. Boejasin Kabupaten Tanah Laut. Beliau juga merupakan dosen Filsafat Manusia di Stikes Suaka Insan, dosen Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia di STIE Pancasila, STIE Indonesia Banjarmasin.

Buku yang telah diterbitkan antara lain, Pemasaran Strategik Rumah Sakit; Metodologi Riset dan Bisnis Kesehatan 2010; Mengelola dan Menangani Keluhan Konsumen 2011. Ketiganya diterbitkan PT Grafika Wangi Kalimantan Grup Kompas Gramedia. Sementara itu, buku K3 Rumah Sakit yang diterbitkan oleh UB Press, Malang.

Saat ini menjabat sebagai Direktur RS Suaka Insan Banjarmasin, dosen tetap, dan Direktur Program Pascasarjana Magister Manajemen STIE Indonesia Banjarmasin.

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Pengantar Editor
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Bab I. Pendahuluan
Bab II. Pengertian
Bab III. Teori Kepemimpinan
Bab IV. Peran Pemimpin
Bab V. Pilar Kepemimpinan
Bab VI. Kekuasan
Bab VII. Kompetensi
Bab VIII. Kredibilitas
Bab IX. Kemauan dan Semangat
Bab X. Keberanian
Bab XI. Komunikasi
Bab XII. Motivasi
Bab XIII. Visi, Misi, Nilai-Nilai, Tujuan, Strategi
Bab XIV. Pengambilan Keputusan
Bab XV. Mengelola dan Memimpin Rapat
Bab XVI. Memimpin Perubahan
Bab XVII. Negosiasi
Bab XVIII. Mengelola Konflik
Bab XIX. Entrepreneur Leader
Bab XX. Aplikasi Teori McGregor dan A.Maslow
Bab XXI. Pemimpin Bermutu, Pemimpin Impoten, Pemimpin
Bab XXII. Penutup
Daftar Pustaka
Tentang Penulis