Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

MSDM

(Prinsip dan Teori)

1 Pembaca
Rp 100.000 35%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembaca dan memberikan kontribusi positif khususnya pemahaman mengenai MSDM. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah mengakibatkan perkembangan kemajuan yang semakin pesat, perubahan lingkungan masyarakat di dunia menyebabkan persaingan yang semakin kompetitif. Sumber Daya Manusia yang berkualitas memiliki kemampuan untuk bersaing sehingga dapat menciptakan keunggulan kompetitif. Buku yang diberi judul MSDM (Prinsip dan Teori) membahas materi mengenai konsep maupun teori dalam MSDM secara lebih dalam yang disajikan dalam tiga belas bab.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Prof. Dr. Ansar, S.E., M.Si. / Dr. Kurniawaty, S.T., M.M. / Sitti Mujahida Baharuddin / Dr. Piter Tiong, S.E., MBA., M.M. / Dr. Hj. St. Hatidja, S.E., M.Pd., CPAM / Dr. Misbahuddin, S.E, M.Si / Dr. Ridwan, S.E., M.M. / Dr. Syahruddin, S.E., M.Si., CMP / Endah Budiastuti / Prof. Dr. H. Saban Echdar, S.E., M.Si / Nur Alia Sumanti, S.H., M.M. / Vina Andita Pratiwi , S.Pd.,M.M. / Dr. Ellin Herlina, M.M
Editor: Hartini

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623049
Terbit: Januari 2022 , 251 Halaman










Ikhtisar

Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembaca dan memberikan kontribusi positif khususnya pemahaman mengenai MSDM. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah mengakibatkan perkembangan kemajuan yang semakin pesat, perubahan lingkungan masyarakat di dunia menyebabkan persaingan yang semakin kompetitif. Sumber Daya Manusia yang berkualitas memiliki kemampuan untuk bersaing sehingga dapat menciptakan keunggulan kompetitif. Buku yang diberi judul MSDM (Prinsip dan Teori) membahas materi mengenai konsep maupun teori dalam MSDM secara lebih dalam yang disajikan dalam tiga belas bab.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga buku ini dapat diselesaikan dan sampai di hadapan pembaca. Buku ini adalah ide dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembaca dan memberikan kontribusi positif khususnya pemahaman mengenai MSDM.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah mengakibatkan perkembangan kemajuan yang semakin pesat, perubahan lingkungan masyarakat di dunia menyebabkan persaingan yang semakin kompetitif.

Sumber Daya Manusia yang berkualitas memiliki kemampuan untuk bersaing sehingga dapat menciptakan keunggulan kompetitif. Buku yang diberi judul MSDM (Prinsip dan Teori) membahas materi mengenai konsep maupun teori dalam MSDM secara lebih dalam yang disajikan dalam tiga belas bab.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan buku ini, masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh sebab itu, kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari para pembaca demi penyempurnaan karya lebih lanjut. Pada kesempatan ini, izinkan kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan kontribusi di dalam penyelesaian buku ini. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Akhirnya, kami berharap buku ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Penulis

Prof. Dr. Ansar, S.E., M.Si. - Penulis lahir di Lawallu Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, 7 Juni 1960. Meraih gelar Sarjana Ekonomi (S-1) pada Fakultas Ekonomi UNHAS tahun 1985, memperoleh Program Magister (S-2) tahun 1998 dan Program Doktor (S-3) tahun 2004 pada Program Pascasarjana UNHAS di Makassar.

Tahun 1988 diangkat menjadi Dosen Kopertis Wilayah IX, dipekerjakan pada Universitas PEPABRI Makassar. Tahun 2003-2006 menjadi anggota Komisi BALITBANGDA dan tahun 2007-2018 anggota Dewan Riset Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Tahun 2007-2011 & tahun 2019-2021 sebagai Sekretaris Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia (UPSDM) dan anggota penatar (TUTOR) Pekerti, Aplied Aproach (AA) dan Penilaian Tes pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX. Tahun 2009-2011 Rektor Universitas Tomakaka Sulbar, 2020 – sekarang Ketua Program Studi Doktor Ilmu manajemen (S-3) PPs STIE AMKOP Makassar.
Dr. Kurniawaty, S.T., M.M. - Lahir di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 24 Juni 1982. Penulis merupakan dosen tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Teknik (ST) di jurusan Teknik Manajemen Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia pada tahun 2004 sebagai wisudawati terbaik. Kemudian, penulis menyelesaikan studi Magister Manajemen (MM) pada prodi Manajemen Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia. Tahun 2019, penulis menyelesaikan Program Doktor Ilmu Manajemen di Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia sebagai wisudawati terbaik dengan predikat Cumlaude. Penulis memiliki kepakaran di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Pengalaman sebagai dosen dimulai di Universitas Teknologi Sulawesi, STIE YPUP, dan saat ini di STIE AMKOP Makassar. Jabatan struktural saat ini (tahun 2021) sebagai Sekretaris Prodi Doktor Ilmu Manajemen (S-3) Pascasarjana STIE AMKOP Makassar. Penulis juga aktif melakukan penelitian terindeks Scopus, Sinta, dan Google Scholar. Penulis Aktif mengikuti organisasi di antaranya sebagai Anggota ADPERTISI tahun 2020-2024, Anggota PDRI tahun 2019-2023, dan Anggota ADRI tahun 2017-2022.
Sitti Mujahida Baharuddin - Penulis adalah dosen tetap STIE AMKOP pada Program Pascasarjana, lahir di Pinrang tahun 1981. Lulus S-1 di STKIP YPUP tahun 2003 dan S-1 STIE Wira Bakti Makassar 2015, Lulus S-2 Universitas Muslim Indonesia (UMI) 2013, Lulus S-3 Universitas Hasanuddin (UNHAS) 2019. Saat ini, aktif melakukan pendampingan pemberdayaan desa dan menjadi pengurus pada DEKOPINDA (Dewan Koperasi Indonesia) Cab. Makassar sebagai Ketua Bidang Kelembagaan Organisasi DEKOPINDA serta aktif menjadi narasumber dibeberapa kegiatan.
Dr. Piter Tiong, S.E., MBA., M.M. - Penulis di Ujung Pandang, 17 Juli 1966. Penulis merupakan tenaga pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (S.E) di prodi Sarjana Ekonomi STIE YPUP Tahun 1989. Kemudian, penulis menyelesaikan studi Magister Business of Management (MBA) Jakarta Institute of Management Studies (JIMS) Tahun 1999. Magister Manajemen (MM) STIE ABI Surabaya Tahun 2002. Selanjutnya, penulis menyelesaikan studi Doktor (Dr.) di Doktor Ilmu Manajemen STIESIA Surabaya Tahun 2019. Selain mengajar, penulis juga menjabat sebagai Direktur pada PT. Raja Pompa Emindo Tahun 2019 sampai sekarang. Penulis aktif mengikuti berbagai pelatihan dan seminar, beberapa karya ilmiah dalam bentuk jurnal berhasil diterbitkan.
Dr. Hj. St. Hatidja, S.E., M.Pd., CPAM - Penulis merupakan Dosen DPK di STIE AMKOP Makassa. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (S.E) di prodi Manajemen STIEM Bongaya Makassar pada tahun 2001. Kemudian, penulis menyelesaikan studi Magister Pendidikan Ekonomi (M.Pd) di prodi Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Makassar tahun 2005 dan Doktoral (DR) di prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar tahun 2020. Sebagai dosen DPK di STIE AMKOP Makassar, penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian terindeks Scopus Q2 dan Sinta 2 dan menulis buku dalam bidang ekonomi. Penulis memiliki Sertifikasi HAKI untuk Buku Referensi. Penulis merupakan anggota Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Makassar Republik Indonesia, sebagai anggota di Assosiasi Dosen Republik Indonesia, sebagai anggota di Assosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia dan sebagai anggota di Dewan Pendidikan Kota Makassar.
Dr. Misbahuddin, S.E, M.Si - Lahir di Rappang, 08 Oktober 1971. Tamat SD dan SMP di Baranti kemudian menamatkan SMA 157 Rappang Kabupaten Sidrap, Jurusan Fisika tammat tahun 1990. Menyelesai studi S1 di STIM- LPI Makassar, Magister Agribisnis pada Tahun 2000 di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar. S3 Unhas Ilmu Ekonomi selesai tahin 2016. Perintis Gerakan karya Alternatif (saat ini kewirausahaan) bagi Calon Sarjana dan Sarjana se-Wilayah C (KTI) di IKIP Malang, 1994. Pengurusn Forum Macasar Unhas tahun 1998, Sekretasi HMI Komisariat STIM LPI tahun 1994. Intermediate Training HMI tahun 1996. Penghargaan 20 tahun pengabdian dari LLDIKTI IX Sulawesi dan Penghargaan penulis artikel Kolom Dimensi Ekonomi dari Ujung Pandang Ekspress Makassar. Dosen tetap Pasca Sarjana dan Direktur Pusat Karir STIE Amkop. Workshop telah diikuti Pendirian Bussiness Development Center Kerrjasama Swisscontact dan PT. Mitra Ventura Indonesia, Kewirausahaan Pemuda Kerjasama Unhas dan Kondrad aeneur Jerman, Workshop Kewirausahaan dan Kepemimpinan Pemuda Kemenpora, Worhsop Pengelola Business Technology Center (BTC) Kerjasma Kemenristek/BPPT kerjasama dengan WTSH/Kementerian Pendidikan Jerman, Pendirian Business Incubator kerjasama Kementerian Ristek Jerman dengan Kementerian Perindustrian. Worshop Pendirian Business Development Services (BDS) Kementerian Koperasi dan UMKM, Program Penanggulangan PHK dan Pengangguran akibat dampak Krisis oleh Kementerian tenaga Kerja,...
Dr. Ridwan, S.E., M.M. - Lahir di Soppeng, tanggal 31 Desember 1966, menyelesaikan kuliah program doktor ilmumanajemen dalam waktu 3 tahun 2 bulan di kampus Universitas Muslim Indonesia pada tahun 2018. Penulis menyelesaikan pendidikan S-1 jurusan manajemen pada kampus Universitas Muslim Indonesia pada tahun 1992. Lalu, melanjutkan pendidikan S-2 pada program magister manajemen di Universitas Patria Artha dan selesai pada tahun 2002. Saat ini, bekerja sebagai dosen fakultas ekonomi di Universitas Patria Artha.
Dr. Syahruddin, S.E., M.Si., CMP - Penulis merupakan dosen tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (S.E) di prodi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ujung Pandang pada tahun 2001. Kemudian, penulis menyelesaikan studi Magister Sains (M.Si) di prodi Manajemen Keuangan Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2011. Selanjutnya, penulis menyelesaikan studi Doktor (Dr.) di prodi Ilmu Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2017. Penulis aktif mengajar di program sarjana STIE Amkop sejak tahun 2003, dan mengajar di program pascasarjana prodi Magister Manajemen STIE Amkop Makassar sejak tahun 2017. Kegiatan lain adalah sebagai Kepala Penjaminan Mutu di STIE Amkop sejak tahun 2015 sampai sekarang. Penulis merupakan anggota Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI). Disamping aktif dalam berbagai seminar baik nasional maupun internasional.
Endah Budiastuti - Penulis merupakan salah satu Dosen Tetap di kampus STIE Cirebon, Lahir di Manado pada tanggal 30 September 1988, ketertarikan penulis terhadap ilmu komputer dan ilmu manajemen dimulai pada tahun 2006 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih melanjutkan ke Perguruan Tinggi setelah menyelesaikan tingkat SMA, penulis melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S-1 di prodi Teknik Informatika di STIKOM Poltek Cirebon pada tahun 2010. Kemudian, penulis melanjutkan studi S-2 di prodi Magister Manajemen SDM pada Program Pascasarjana di STIE Cirebon. Penulis memiliki kepakaran dibidang Komputer dan SDM. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis juga menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku.
Prof. Dr. H. Saban Echdar, S.E., M.Si - Saat ini, Penulis adalah Dosen Tetap Yayasan Pendidikan Bata Ilyas (Pensiun Dosen DPK LLDikti Wilayah IX, dengan jabatan Guru Besar Gol.IV/E). Menyelesaikan studi S-1 pada Prodi Manajemen STIE Ujung Pandang, S-2 pada prodi Manajemen Agribisnis UNHAS dan S-3 Prodi Ilmu Manajemen pada UMI Makassar. Sejak tahun 1980 menjadi Dosen Dpk Kopertis Wilayah IX pada STIE Nobel. Mengajar mata kuliah antara lain:

Metode Penelitian Manajemen & Binsis, MSDM, Kewirausahaan, Studi Kelayakan Bisnis, TQM, Manajemen Pemasaran pada beberapa PTS. Pernah memimpin beberapa PTS: Ketua STIE Bajiminasa, Direkur AMKOP, Ketua STIE-AMKOP Ujung Pandang, Ketua STIE Nobel Indonesia, Ketua II STMIK Handayani, Asdir I PPs STIE Nobel Indonesia. Tahun 1990 tepilih sebagai Dosen Teladan Tingkat Nasional di Jakarta. Selama tahun 2010-2012 menjadi Coach Bank Mandiri dalam membina mahasiswa wirausaha muda di Sulawesi Selatan. Di samping sebagai Dosen, penulis juga menjadi konsultan manajemen pada beberapa Koperasi dan UMKM di Sulawesi Selatan. Ketua DEKOPIN Kota Makassar selama tiga periode berturut-turut (1995 s.d 2010), Ketua Dewan Pakar DEKOPINDA Kota Makassar, Buku yang telah diterbitkan, antara lain : Total Quality Management, Manajemen Entrepreneurship-Kiat Sukses Menjadi Wirausaha, Membangun Kemandirian Ekonomi Lokal berbasis Kemitraan dan Kewirausahaan, Kewirausahaan-Solusi Cerdas Atasi Pengangguran, Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis, Etika Bisnis dan Kewirausahaan.
Nur Alia Sumanti, S.H., M.M. - Ketertarikan penulis terhadap ilmu manajemen dimulai pada tahun 2009 silam. Menyelesaikan Sarjana Hukum Keperdataan di tahun 1996 dengan meneruskan sarjana strata II di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon Program studi Ilmu Manajemen konsentrasi Sumber Daya Manusia pada tahun 2009. Penulis juga aktif dalam memberikan bimbingan teknik dan penyuluhan kepada masyarakat dalam mengembangkan kapasitasnya di bidang lingkungan agar dapat mengelola lingkungan dengan baik dan benar, perlu sumber daya manusia yang memiliki etos kerja yang berorientasi kepada pelayanan yang akuntabel, kompeten, harmonis, adaptif dan kolaboratif. Penulis juga sebagai seorang birokrat yang banyak berkecimpung dalam masyarakat untuk mendorong masyarakat aktif dalam membangun khususnya pola pikir.
Vina Andita Pratiwi , S.Pd.,M.M. - Lahir di Bandung, 4 April 1988. Telah menyelesaikan Program Sarjana Program Studi Bahasa Inggris Fakultas FKIP Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon tahun 2010. Serta menyelesaikan studi PascaSarjana di Program Magister Manajemen SDM di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon tahun 2012. Mulai berkarier di dunia Akademis Perguruan Tinggi di usia 24 tahun hingga sekarang. Telah mengikuti beberapa pelatihan, tes dan seminar Ekonomi Manajemen. Menjadi Dosen Tetap di STIE Cirebon, Dosen Tamu di STIKOM Poltek Cirebon, dan Lulus serdos di usia 30 tahun. Saat ini menjabat sebagai Kepala Program Studi Manajemen di salah satu Perguruan Tinggi swasta di Kota Cirebon (STIE Cirebon). Selain aktif mengajar di Perguruan Tinggi, penulis merupakan seorang guru Bahasa Inggris di SMK Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Selain mengajar, dalam kegiatan sosial sebagai penunjang kegiatan pengabdian masyarakat, penulis aktif dalam kegiatan sosial Bhayangkari, sebagai anggota Bayangkari Cabang Polres Majalengka. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, Selain menjalankan Tridharma perguruan tinggi penulis juga berperan aktif dalam penulisan buku dan karya ilmiah sebagai dedikasinya di bidang pendidikan. penulis juga aktif menulis buku dan beberapa jurnal yang terpublikasi baik nasional maupun internasional, dengan harapan karya ilmiah penulis dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat, bangsa dan Negara.
Dr. Ellin Herlina, M.M - Dilahirkan di Jakarta pada tanggal 11 Desember 1969, Sekolah Dasar diselesaikan pada tahun 1982 di SDN I Ciamis, SMPN I Ciamis lulus tahun 1985 SMAN I Singaraja Bali lulus tahun 1988. Pada tahun 1988 masuk ke Fisipol di Universitas Udayana Bali lulus tahun 1992. Tahun 2006 masuk Fakultas Psikologi Universitas Darul Ulum Jombang lulus tahun 2010. Tahun 2013 lulus Program Magister Manajemen STIE Cirebon, dan dilanjutkan kuliah Program Doktor Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Borobudur Jakarta lulus tahun 2016. Penulis aktif dalam Kegiatan Organisasi Ikatan Isteri Dokter Indonesia (IIDI) Sebagai Ketua tahun 2018 – sekarang, dan Sebagai Wakil Ketua pada Gabungan Organisasi Wanita (GOW) tahun 2015 – sekarang. Pengalaman Kerja: Konsultasn Education Secretarial Training Centre Jakarta tahun 1993 – 1998, Konsultan pada Professional Intitute Jakarta tahun 1993 – 1999. Guru Seni dan Budaya di SMK NU Cirebon 2009 – 2012. Guru BP SMK Al Ma’arifah Cirebon tahun 2009 – 2013, Sebagai Dosen Tetap di STIE Cirebon sejak 2011 - sekarang dan sedang menjabat sebagai Direktur Pascasarjana. Selain mengajar, penulis aktif menulis beberapa buku dan jurnal, baik Nasional maupun Internasional. Semoga karya-karyanya dapat memberikan kontribusi kepada para pembaca, masyarakat dan Negara.

Editor

Hartini - Editor berasal dari Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S-1) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2005. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan Strata Dua (S-2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2010 program studi magister manajemen. Kemudian melanjutkan pendidikan (S-3) pada Universitas Hasanuddin (UNHAS) program studi ilmu ekonomi, jurusan manajemen dan menyelesaikan pendidikan pada tahun 2018. Saat ini, bekerja sebagai dosen tetap pada STKIP Pembangunan Indonesia Makassar. Pada tahun 2013, menjabat sebagai ketua Program Studi, kemudian diberi amanah untuk menjabat Ketua LPM. Memiliki kepakaran dalam bidang manajemen dan mulai aktif menulis berbagai buku, beberapa buku yang berhasil diterbitkan antara lain: Buku referensi dengan judul (Person Organization Fit (P-O Fit), Quality of Work Life, dan Keadilan Organisasi; MSDM (Digitalisasi Human Resources)). Buku kolaborasi (Pengantar Manajemen untuk Organisasi Publik; Pengantar Bisnis; Perilaku Organisasi; Kinerja Karyawan; Setahun Covid-19 dari Berbagai Perspektif; BUM Desa sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Kisah Inspirasi S-3). Beberapa tulisan yang telah dihasilkan dalam bentuk jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional pada bidang keilmuan khususnya manajemen. Beberapa artikel...

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
1. Konsep Dasar Ilmu Manajemen
     Pendahuluan
     Pengertian Manajemen
     Unsur-Unsur Manajemen
     Fungsi-Fungsi Manajemen
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
2. Sejarah dan Teori Manajemen
     Teori Memberi Kontribusi Penting
     Teori Manajemen Kuno
     Teori Manajemen Klasik
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
3. Proses dan Prinsip Fungsi Manajemen SDM
     Pengantar
     Proses Manajemen
     Unsur-Unsur Pengarahan/Perintah
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
4. Pentingnya Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi
     Pendahuluan
     Pentingnya Perencanaan SDM
     Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Manfaat Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Tahap-Tahap Perencanaan SDM
     Hambatan Perencanaan SDM bagi Organisasi
     Metode Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
5. Rekrutmen dan Seleksi Karyawan
     Rekrutmen
     Tujuan Rekrutmen
     Sumber dan Metode Rekrutmen
     Seleksi Karyawan
     Cara Mengadakan Seleksi
     Pendekatan dalam Proses Seleksi
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
6. Model Human Growth New Paradigm Sebagai Strategi Pengembangan SDM Indonesia
     Pendahuluan
     Permasalahan Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)
     New Paradigma Pembangunan Berwawasan Manusia
     Kaitan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Pertumbuhan Ekonomi
     Model Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
7. Teori Motivasi dan Kepuasan Kerja
     Pendahuluan
     Motivasi
     Teori Motivasi
     Kepuasan Kerja
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
8. Sistem Kompensasi yang Efektif
     Macam-Macam Kompensasi
     Reward Intrinsik dan Reward Ekstrinsik
     Strategi Kompensasi yang Efektif
     Arah Kompensasi
     Sistem dan Kebijakan Kompensasi
     Metode Evaluasi Pekerjaan
     Kompensasi dan Reward
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
9. Tantangan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Indonesia
     Pendahuluan
     Pengembangan Sumber Daya Manusia: Sebuah Dilema
     Pembinaan dan Pendayagunaan SDM
     Tantangan, Arah Perkembangan, dan Peningkatan SDM
     Penutup
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
10. Membangun Keunggulan Bersaiing Melalui Human Capital Management
     Pendahuluan
     Permasalahan Bisnis
     Konsep Keunggulan Bersaing
     Konsep Human Capital
     Human Capital Management
     Peran HCM Terhadap Keunggulan Bersaing
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
11. Peningkatan SDM Berbasis Kompetensi
     Manajemen Sumber Daya Manusia
     Kompetensi
     Perkembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
12. Kreativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan
     Pendahuluan
     Kreativitas
     Inovasi
     Kewirausahaan
     Kreativitas atau Inovasi?
     Aplikasi Kreativitas dan Inovatif dalam Bidang Kewirausahaan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
13. Tujuan Pengawasan dalam Organisasi
     Pendahuluan
     Pengertian dan Tujuan Pengawasan
     Tipe-Tipe Pengawasan
     Tahap-Tahap dalam Proses Pengawasan
     Pentingnya Pengawasan
     Karakteristik-Karakteristik Pengawasan yang Efektif
     Tujuan Pengawasan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
     Profil Editor