Tampilkan di aplikasi

Desain modern, fitur komplet, dan mesin canggih

Majalah motor - Edisi 76
15 Juni 2016

Majalah motor - Edisi 76

FYI, sejauh ini Toyota All-New Fortuner yang paling laris adalah varian menengah atau VRZ 4x2 kayak di halaman ini. Nah, seperti yang sudah elu tahu kalau Fortuner generasi baru ini punya tampilan serba baru, sama sekali enggak ada sisa desain dari generasi sebelumnya. Bisa dibilang lebih modern dan mewah. / Foto : Kipli

motor
Serba Baru FYI, sejauh ini Toyota All-New Fortuner yang paling laris adalah varian menengah atau VRZ 4x2 kayak di halaman ini. Nah, seperti yang sudah elu tahu kalau Fortuner generasi baru ini punya tampilan serba baru, sama sekali enggak ada sisa desain dari generasi sebelumnya. Bisa dibilang lebih modern dan mewah. Lihat aja dari depan ke belakang. Grill besar yang gagah, lampu serba runcing yang bikin SUV ini malah kelihatan seperti lansiran brand mewah Toyota, Lexus. Toyota menamakan konsep desain ini sebagai, “Leading the World with Style and Confidence”.

Ternyata bukan hanya bagian yang kelihatan saja yang baru desainnya. Hiroki Nakajima, Executive Chief Engineer-nya bilang kalau ada sejumlah pembenahan di sasis Fortuner. Misalnya saja ukuran sasis yang dibentuk lebih besar, juga sistem suspensi belakang yang dibenahin biar lebih nyaman. Yang lebih penting, All- New Fortuner pakai mesin tipe baru, 2GD-FTV. Asyiknya mesin ini terapin teknologi Thermo Swing Wall INsulation (TSWIN) yang pertama di dunia, dengan manfaatin Silica Reinforced Porous Anodized Alumunium (SiRPA). Teknologi yang ada di bagian atas piston ini bikin temperatur piston jadi lebih fleksibel karena sifat dari SiRPA yang mudah panas dan cepat jadi dingin.

Saat mendekati titik mati bawah, dan udara dari intake masuk, temperatur bisa tereduksi sampai kurang dari 20° Celcius. Sebaliknya pas ruang bakar dapat kompresi sampai mendekati titik mati atas, piston bisa mencapai suhu lebih dari 160 derajat sehingga siap diinjeksi bahan bakar. Selain itu, desain intake juga dibuat lebih smooth bikin aliran udara yang masuk ke ruang bakar jadi lebih teratur. Semprotan bahan bakar kini juga diatur sebanyak empat kali. Injeksi pertama dan kedua dilakuin untuk mengurangi noise dan getaran, ketiga main injection, dan keempat after injection.
Majalah motor di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI