Test ride Honda RC213V-S, tiga lap bersama pacuan MotoGP

Tabloid Motor Plus - Edisi 908
27 Juli 2016

Tabloid Motor Plus - Edisi 908

Akhirnya, kesempatan untuk menjajal Honda RC213V-S datang juga! Yap, Em-Plus sempat ditawarkan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk bisa jajal pacuan MotoGP ini kala peluncuran Honda Sonic 150R Agustus 2015 lalu. / Foto : GT,EM

Motor Plus
Akhirnya, kesempatan untuk menjajal Honda RC213V-S datang juga! Yap, Em-Plus sempat ditawarkan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk bisa jajal pacuan MotoGP ini kala peluncuran Honda Sonic 150R Agustus 2015 lalu. Begitu juga ketika motor seharga sekitar Rp 8 milyar ini diperkenalkan di Jakarta, beberapa bulan lalu. Akhirnya lagi, hal itu pun jadi kenyataan. Menjajal pacuan yang punya basis dari semplakan Marc Marquez dan Dani Pedrosa (Honda RC213V) itu di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (22/7).

Tiga lap penuh sensasi. membedakan lebih detail lagi. Hanya saja, karena basis produksi RC213V-S ini di Kumamoto, Jepang, terkena gempa bumi beberapa waktu lalu, maka pengiriman menjadi terlambat,” ungkap Toshiyuki Inuma, President Director AHM. Lanjut! Untuk menyalakan motor bermesin 999 cc dengan paduan bore 81 mm dengan stroke 48,5 mm ini, cukup lewat elektrik starter. Maklum, kan versi jalan raya alias street legal. Jadi, enggak seperti RC213V yang butuh alat khusus. T a p i , dengan menekan tuas perseneling ke bawah. Gelegar suara yang keluar dari knalpot titanium versi sport kit ini pun mulai menggetarkan hati untuk membejek lebih dalam grip gas yang aplikasi teknologi throttle by wire.

Untuk menaikkan percepatan, tuas persneling pun dicongkel ke atas untuk tiap giginya. Ya, layaknya motor sport masal. Namun , EM - Plus , tak perlu menarik nering yang disuguhkan terasa sangat stabil dan ringan. Apalagi sebelum membesut pacuan berasio kompresi mesin 13:1 ini, EM-Plus juga memacu Honda CBR1000. Jika dibandingkan antara keduanya, jauh banget! Bagai bumi dan langit. Jauh lebih pede nyemplak RC213V-S. Power delivery yang halus dan getaran mesin yang minim, membuat proses manuver layaknya nyemplak pacuan sport 150 cc. Ringan untuk ajak manuver dan juga change line alias pindah jalur.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI