Saling menghargai kunci keharmonisan

Majalah Mulia - Edisi 1/2017
11 September 2017

Majalah Mulia - Edisi 1/2017

Hargailah apa yang dilakukannya meski sederhana. Maka yang terbangun adalah rasa bangga dan semangat untuk mendahulukan orang-orang yang dicintai.

Mulia
Keselarasan jiwa dengan pasangan akan melahirkan pengertian yang dalam. Tak hanya tentang hak dan kewajiban, tetapi tentang bagaimana kondisi pasangan dan apa yang diharapkannya. Keselarasan akan melahirkan ketulusan memberikan yang terbaik, kesediaan berkorban, sekaligus kesabaran untuk menerima apa adanya. Keselarasan juga akan melahirkan energi untuk bahu-membahu guna mengusahakan yang terbaik.

Sebagaimana gambaran Allah SWT tentang keselarasan jiwa kaum Anshar dengan kaum Muhajirin yang saling mengutamakan saudara mereka, “. mereka mencintai orangorang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apaapa yang diberikan kepada mereka (kaum Muhajirin) dan mereka mengutamakan (orangorang Muhajirin) atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu).” (Al-Hasyr [59]: 9) Alangkah indahnya, jika suasana hati kita dalam berumah tangga juga ditata seperti ini.

Bila suami-istri telah saling mendahulukan kepentingan pasangan dan anak-anaknya. Sederhana untuk kepentingan diri sendiri, tetapi sangat bermurah hati pada kepentingan keluarga. Di samping itu, tak semestinya seorang istri merasa under estimate hanya karena menjadi orang yang tak langsung mencari uang. Suami pun tak perlu merasa menjadi pahlawan hanya karena harus berpayahpayah bergulat dengan pekerjaan yang menghasilkan rupiah.

Karena, setiap istri, sejatinya juga adalah orang yang memungkinkan adanya uang yang didapatkan oleh suami. Tanpa adanya istri yang menyediakan sarapan saat suami akan berangkat bekerja, menyiapkan pakaian, merawat dan mendidik anak-anak di rumah, menjaga rumah dan seisinya, termasuk menjaga kesehatan si suami sendiri; maka suami pun akan sulit untuk bekerja dengan maksimal dan mendapatkan penghasilan.

Majalah Mulia dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI