Tampilkan di aplikasi

Politisi Hindu India gembira bisa membangun kuil di tanah masjid babri

Majalah Mulia - Edisi 11/2019
20 November 2019

Majalah Mulia - Edisi 11/2019

TIRTO.ID

Mulia
India melarang pertemuan umum di tengah ketatnya pembatasan keamanan di KAyodhya di India utara menjelang putusan penting Mahkamah Agung terkait status situs yang disengketakan secara sengit, yang diperebutkan warga Hindu.

Pengadilan tinggi India mulai mendengarkan argumen terakhir pada hari Senin untuk memutuskan apakah sebuah kuil Hindu harus dibangun di atas reruntuhan Masjid Babri Abad ke-16 di Ayodhya, di negara bagian Uttar Pradesh.

Masjis bersejarah yang dibangin zaman Dinasti Mughal ini pernah dihancurkan etskrimis Hindu pada tahun 1992, menyebabkan kerusuhan komunal paling mematikan di India, setidaknya 2.000 orang meninggal, sebagian besar mereka adalah Muslim, terbunuh di seluruh negeri.

Kelompok garis keras Hindu menghembuskan isu, bahwa situs itu adalah tempat kelahiran INTERNASIONAL Dewa Rama dan telah mengintensifkan seruan agar sebuah kuil dibangun di halaman majid milik umat Islam ini, khususnya di bawah pemerintahan nasionalis Hindu, Perdana Menteri Narendra Modi, yang juga pemimpin partai berkuasa, Partai Bharatiya Janata (BJP).
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI