Tampilkan di aplikasi

Sedekah setiap hari

Majalah Mulia - Edisi 03/2020
5 Maret 2020

Majalah Mulia - Edisi 03/2020

Sedekah

Mulia
Menarik apa yang diurai oleh Imam Al Ghazali dalam kitabnya Minhajul Abidin bahwa yang prioritas dalam hidup seorang mukmin adalah ilmu dan ibadah. Hal ini memang menjadi inti dari ajaran Islam, wahyu yang pertama saja telah menekankan hal tersebut,

“Bacalah dengan nama Tuhanmu.” Menunjukkan kepada kita semua bahwa dalam Islam ilmu sangat penting. Namun, bukan semata ilmu lalu tuntas, tetapi harus diikuti dengan amal ibadah, hingga membentuk gaya hidup ideal seorang Muslim.

Memahami hal ini sebenarnya begitu mudah, karena dalam prakteknya kita bisa dengan mudah menemukan keteladanan dari Nabi Muhammad bagaimana ilmu ditransmisikan menjadi amal ibadah, hingga membentuk pola hidup insan beriman. Karena ilmu dalam Islam memang harus melahirkan amal.

Soal sedekah misalnya, nyaris setiap hari beliau tidak pernah meninggalkan amalan ini. Artinya pengetahuan betapa sedekah perlu benarbenar diamalkan oleh Nabi Muhammad .

Padahal kalau melihat ibadah beliau dalam sholat malam saja, sudah luar biasa. Akan tetapi, karena sedekah adalah perintah Allah, beliau pun tak pernah melewati hari kecuali bersedekah. Sebagai umatnya sudah barang tentu perlu kita menirunya.
Majalah Mulia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI