Tampilkan di aplikasi

Ratna Galih, stok 10 botol asi per hari demi Ramadan

Tabloid Nakita - Edisi 898
16 Juni 2016

Tabloid Nakita - Edisi 898

Persediaan ASI perah yang memenuhi lemari pendingin membuatnya leluasa mengatur kapan menyusui langsung dan kapan memberikan ASIP selama puasa. / Foto : Ferdiansyah

Nakita
Setelah menikah di akhir 2012, kini Ratna Galih Indriyani (28) memiliki tiga buah hati, yakni Shelby Adhideva Sawkani (3), Madiba Arga Sawkani (2), dan Benjamin Ayyubi Sawkani (2 bulan). “Alhamdulillah, anakku sekarang sudah tiga,” ucap artis yang melejit setelah membintangi komedi situasi “Coffee Bean Show” ini. Menurut Ratgal, penggilan akrab pemeran Ayi dalam fi lm “Merantau”, dirinya memang sengaja tidak menunda-nunda memiliki momongan dan juga tidak menahan-nahan. “Pokoknya, saya ikuti apa yang diberikan oleh Allah, ini anugerah buat kami,” ucap istri dari Muhammad Sawkani Jamhuri (31) ini.

Dari ketiga buah hatinya itu, Ratgal mengaku harus lebih waspada kepada anak keduanya, Madiba. “Madiba itu aktif banget, beda dengan kakaknya yang lebih tenang,” papar Ratgal. Pernah suatu ketika kaki Madiba tertimpa dumble, alat beban untuk gym, sampai kukunya pecah dan berdarah hingga harus dibawa ke dokter. “Padahal baru satu menit ditinggal dan aku baru ingin buang air kecil ke kamar mandi,” imbuh Ratgal. Pernah pula Madiba tercebur ke kolam renang yang ada di belakang rumah. “Waktu itu saya lagi hamil, jadi dia lebih cepat jalan ke kolam renang dan saya telat mengantisipasinya.”

Untunglah, sekarang ada pengasuh tambahan yang membantu Ratgal memantau anak-anaknya. Apalagi di bulan puasa ini, selain menjaga Madiba, Ratgal juga harus mengatur pemberian ASI buat si bungsu, Benjamin. “Soalnya, menyusui di bulan puasa sangat berat, cepat haus dan lapar,” ujar Ratgal. Maka itu, sejak sebelum tiba Ramadan, Ratgal mulai menyetok ASI. Setiap dua jam sekali, ia memompa ASI-nya. Alhasil, stok ASIP-nya pun melimpah, sehingga ia bisa mengatur waktu kapan menyusui langsung dan kapan waktunya memberikan ASIP. Dengan begitu, sekarang frekuensi menyusui bayinya tak sebanyak seperti sebelum Ramadan.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI