Tampilkan di aplikasi

Buku untuk sibatita

Tabloid Nakita - Edisi 902
13 Juli 2016

Tabloid Nakita - Edisi 902

Batita senang mendengarkan cerita dan melihat-lihat gambar di buku. Tapi, bagaimana memilihnya? / Foto : istock

Nakita
Si kecil yang dulu hanya bisa menangis dan menjerit kini telah tumbuh menjadi batita. Di masa ini, Mama Papa semakin banyak punya kesempatan mengajarkan banyak hal, termasuk memperkenalkannya pada buku. Memilih buku untuk batita sebenarnya tidak sulit. Mereka ibarat spons, sangat mudah menyerap apa pun, termasuk pengetahuan. Batita selalu ingin belajar tentang banyak hal. Untuk itu, sudah tepat momennya kalau kita menjawab keingintahuan mereka lewat buku-buku.

Cerita Yang dekat dengan anak Memilih tema cerita untuk si batita juga tidak perlu yang rumit-rumit. Mereka senang dengan cerita yang menyangkut keseharian mereka. Anak yang rajin membantu ibu di rumah, anak yang sayang dengan adik/kakaknya, batita yang memelihara kelinci, dan lainnya. Cerita sebaiknya singkat, sederhana, dan menyenangkan. Harap Mama Papa ketahui, cerita dengan kata atau frase unik dan sering diulang dapat berkesan bagi si kecil. Misalnya kata “sim salabim”, “prok prok prok”, “kukuruyuk”, dan sebagainya.

Ada baiknya orangtua mengetahui kesukaan si batita sehingga bisa menjadi acuan kala memilih tema, karakter, warna, dan lainnya, yang disukai anak. Tulisan harus cukup besar supaya mudah dibaca atau dieja. Tulisan yang besar juga mempercepat si batita belajar mengenal huruf/angka/bentuk/ warna, apabila di dalam buku cerita tersebut ada unsur edukasinya. Begitu pula dengan gambar, pilih buku yang memiliki gambar menarik serta berkaitan dengan isi cerita. Hal ini untuk membantu si batita memahami jalan cerita yang dibacakan. Selain itu, Mama Papa juga bisa memilih buku dengan gambar besar yang berwarna mencolok untuk menarik minat si batita. Buku dengan gambar hitam putih (meskipun gambarnya besar-besar) akan membuat anak tak tertarik pada buku yang diceritakan Mama.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI