Tampilkan di aplikasi

Anak sulit makan, waspadai hidden hunger

Tabloid Nakita - Edisi 909
31 Agustus 2016

Tabloid Nakita - Edisi 909

Anak sulit makan, hanya mau mengonsumsi makan tertentu, dan tak suka sayur atau buah bisa terancam mengalami hidden hunger, Ma. Hmm, apa pula itu? / Foto : istock

Nakita
Punya anak usia balita, hampir bisa dipastikan, masalah sulit makan tak terhindarkan. Betul, Ma? Salah satunya yang sering terjadi, anak menolak makan sayur ataupun buah. Nah, ini pengalaman beberapa member fans page Facebook nakita, Ma. “Anak-anakku kalo makan buah suka banget, tapi kalo sama sayur, kadang mau kadang enggak. Nah, biasanya aku akan merayu dengan bilang, ‘Kakak sama Dedek mau pintar enggak? Kalo mau pintar harus makan sayur, dong. Katanya mau jadi dokter, pramugari.

Nah, harus pintar!’ Memang harus sabar menghadapinya, Ma.” (Mama Liska Handayani) “Saya mengatasinya dengan dibuat jus untuk buah, sementara sayuran, biasanya saya campur dengan adonan telur dadar atau nasi goreng kesukaannya. Atau kalau lagi lihat papanya makan sayuran kukus, dia pasti ikutan, tapi syaratnya harus sepiring berdua dengan papanya.” (Mama Belles Fleurs) “Anakku susah makan sayur. Biasanya sayurnya saya buat camilan. Kalo buah, alhamdulillah, anakku suka banget.” (Mama Irma) “Anakku maunya cuma buah apel, tapi sayur dan lauk pauk, dia enggak mau. Dia juga cuma seneng keju dan susu.

Padahal sudah saya akalin pakai bentuk bento dan masakan macem-macem, tapi tetep aja susah! Gimana, ya, caranya supaya anak suka sayur dan lauk pauk?” (Mama Auliana Frila Inayati) “Anak saya sulit makan nasi dan sayur, tapi semua buah, dia suka sekali. Dia juga suka susu. Saya berikan yang dia mau makan saja, seperti roti, dia suka, ya, saya berikan saja.

Asal ada makanan yang masuk aja udah seneng mommy-nya. (Mama Devi Hapsari) “Anakku semuanya susah makan, apalagi sayuran. Boroboro mau makan, ditengok aja enggak, tuh, sayuran. Lain dengan susu, minumnya kuat banget! Walaupun dibujuk rayu, tetep aja dia enggak mau makan; sehari cuma makan satu kali, itu pun cuma tiga sendok. Camilan juga pilihpilih, setiap hari harus ada es krim.” (Mama Ropadi Susi) Wow! KURANG GIZI Hati-hati, Ma.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI