Tampilkan di aplikasi

Betulkah didikan keras menjadikan anak sukses?

Tabloid Nakita - Edisi 911
15 September 2016

Tabloid Nakita - Edisi 911

Banyak orang sukses meyakini, didikan keras orangtualah yang menempanya menjadi pribadi tangguh. Apa benar? Simak pengalaman mereka yang merasa “gagal” karena pola asuh orangtuanya yang keras. / Foto : istock

Nakita
Apa arti kesuksesan seorang anak buat orangtua? “Segalanya. Karena sebenarnya anak sukses bukan buat orangtuanya, tapi bekal buat dia. Kalau anak sukses, orangtua bangga. Kalau anak enggak sukses, sedihnya bukan main. Kesannya orangtua gagal mendidik anak,” kata Mama Asriah Widiati. Lalu, orang yang sukses itu seperti apa? Mama Challista Chielvilia menjawab, “Sukses itu artinya berhasil dalam pekerjaan dan kalau menikah, pernikahannya langgeng.

Orang sukses juga pribadi yang taat dalam agamanya, bisa mandiri, dan tangguh dalam menghadapi kehidupan, tidak bergantung pada orang lain, dan dapat mewujudkan cita-citanya. Kesuksesan anak merupakan kesuksesan orangtua juga, karena kalau anak sukses itu berarti kami sukses menjadi orangtua.” Sementara Mama Oktian Fauzi menjawab, “Orang sukses itu kalau dia bahagia menjalani hidupnya, peduli pada lingkungan, dan berhasil mendapatkan apa yang dia inginkan tanpa menyakiti orang di sekitarnya.” Mama Agestia Iswari menjawab singkat; “Orang sukses itu kalau hidupnya lebih baik dari orangtuanya.”

Pertanyaan ketiga, bagaimana caranya orangtua mendidik anak agar kelak menjadi pribadi yang sukses? “Jangan dimanja. Orang sukses itu kalau dari pengamatan saya justru menerima pendidikan yang keras dari orangtuanya. Mereka tidak boleh berleha-leha karena persaingan semakin berat,” kata Mama Trinedia. Mama Yani Febria juga percaya, karena kesuksesan tidak datang tiba-tiba, semua harus dimulai sejak anak masih kecil. Caranya? “Fasilitasi anak sebanyak mungkin. Mau les apa saja terserah. Setelah itu, ‘cemplungkan’ dalam kompetisi biar anak terbiasa dengan tantangan. Kadang- kadang anak perlu dikerasi juga biar enggak cengeng.”
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI