Tampilkan di aplikasi

Jika pasangan boros

Tabloid NOVA - Edisi 1465
21 Maret 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1465
NOVA
Berdasarkan survei yang dilakukan Savvywoman.co.uk, penyebab pertengkaran yang sering terjadi pada pasangan usia 35-54 tahun adalah uang. “Bagi pasangan yang berusia di antara 35- 54 tahun, permasalahan keuangan jauh melebihi pertengkaran pembagian tugas di rumah, anggota keluarga lain, anak, seks, dan mantan kekasih,” demikian isi penelitian tersebut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sukma Rani Moerkardjono, M.Si., psikolog sekaligus Kepala PLP dan Dosen Fakultas Psikologi Ukrida. “Memang, sih, tergantung kondisi, tipe, karakter pasangan. Memang, rata-rata istri lebih perhatian dengan masalah finansial karena lebih tahu kondisi di lapangan.”

Namun, masalah keuangan di dalam keluarga adalah prinsip. “Jadi, sering menjadi masalah utama karena kedua pasangan tidak saling memahami atau tidak menerima kondisi yang terjadi. Sehingga muncul pertengkaran. Masalah keuangan yang biasanya memicu pertengkaran adalah: 1.Salah satu pasangan merupakan tulang punggung keluarga, namun gajinya tak sebesar pasangannya. “Padahal, kebutuhan hidup cukup besar tapi kondisi keuangan tidak mencukupi. Karena tidak ada saling pengertian akibatnya terjadi pertengkaran.”

2.Salah satu pasangan boros atau duaduanya boros sehingga tidak bisa me-manage keuangan dengan baik. 3.Keuangan yang terbatas tapi keinginan tinggi dan berlebihan. “Misalnya, mau mencari sekolah anak harus disesuaikan dengan kondisi keuangan tapi jangan sampai mengurangi level pendidikannya. Namun, yang sering terjadi, terkadang istri menginginkan anaknya sekolah di sekolah bertaraf internasional, padahal keuangan terbatas.”

Belum lagi kondisi keuangan suami, misalnya tidak sebesar istri atau istri tidak bekerja namun menuntut terlalu tinggi. “Tidak perlu terlalu idealis, yang penting esensi pendidikannya. Jadi, jangan mengedepankan harga diri atau gaya hidup.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI