Tampilkan di aplikasi

Tetap bugar dan cantik saat puasa

Tabloid NOVA - Edisi 1476
6 Juni 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1476

Tampil menarik dan tetap segar saat menjalankan ibadah puasa bukanlah hal yang mudah tetapi bisa dilakukan. Mulai dari menjaga pola makan, memerhatikan asupan, serta melakukan olahraga ringan akan membuat tubuh tetap fit. / Foto : istock

NOVA
Saat puasa, tubuh lemas dan tak bertenaga sering menjadi masalah. Ini terjadi karena tubuh tengah beristirahat selama lebih dari 12 jam untuk tidak menerima asupan apa pun. Namun, ternyata ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dan dilakukan untuk tetap tampil segar dan mengurangi efek lemas saat berpuasa, yaitu dengan memerhatikan asupan yang benar serta tetap melakukan olahraga ringan yang tak terlalu menguras energi.

Menurut Dr. Grace Judio Kahl, MSc, MH, CHt, pendiri klinik Lighthouse, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap segar walaupun tengah berpuasa. “Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan dan asupan. Untuk sahur, asupan yang masuk sebaiknya terdiri dari karbohidrat dengan glikemi rendah, supaya lebih kuat dan tahan lama, serta bisa mempertahankan gula darah sehingga tidak terlalu cepat drop. Tentu didampingi protein agar lebih mengenyangkan ya,” jelasnya. Dokter pemerhati gaya hidup ini juga menyebutkan beberapa contoh komposisi yang tidak tepat dan justru sering dilakukan. “Misalnya sahur nasi dengan sambal kentang, itu tidak tepat. Lebih baik pilih roti tawar dengan selai saja. Juga tak hanya perlu minum cukup, tetapi perlu didampingi elektrolit sehingga mengikat air lebih lama. Makanya, sebaiknya konsumsi buah atau sup sayur agar tubuh mendapatkan asupan yang tepat,” jawabnya.

Lantas seperti apa pola makan yang benar saat berbuka puasa? “Ada dua hal yang bisa diperhatikan saat berbuka puasa. Pertama boleh mengonsumsi makanan untuk menaikkan gula darah, tetapi sebaiknya suhu makanan atau minuman tidak terlalu panas atau terlalu dingin, sehingga saluran perncernaan juga tidak kaget untuk menyesuaikan suhu yang masuk. Komposisi yang tepat misalnya, kurma dengan air putih atau buah dan teh. Berikan jeda 30 menit sebelum makan nasi serta lauk pauk dan sayur,” papar dokter berparas cantik ini menambahkan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI