Tampilkan di aplikasi

Tirta Mandira Hudhi, mengubah budaya merawat sepatu

Tabloid NOVA - Edisi 1478
20 Juni 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1478

Sejak kuliah di Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta, ia sudah mulai menja lankan berbagai usaha. Sempat bangkrut dua kali, rezekinya ternyata muncul dari sepatu. Ia membuka usaha jasa membersihkan sepatu dan sukses.

NOVA
Aku lahir dari sebuah keluarga yang cukup secara ekonomi. Meski begitu, kedua orangtuaku selalu mengajarkanku untuk tidak berutang untuk kepentingan apa pun, termasuk untuk menunjang bisnis. Barangkali itulah yang membuat usaha yang aku geluti saat ini bisa berkembang dan memiliki omzet lumayan per bulannya. Namaku Tirta Mandira Hudhi. Aku lahir di Solo, 30 Juli 1991.

Ayahku, Sutarjo, dan ibuku, Yohana Slamet, sama-sama bekerja di sektor perbankan. Toh, sekalipun keduanya bekerja di sektor perbankan, mereka tidak pernah mengajarkan anakanaknya untuk berutang atau mengambil kredit di bank. Lebih-lebih ayahku, yang bekerja di sebuah BPR, keras melarangku untuk mengambil kredit di bank. Belakangan, aku mengerti alasan mereka tidak membolehkan anakanaknya mengambil kredit di bank. Soalnya, akan susah untuk mengembalikan, sebab bunga bank yang tinggi justru akan memberatkan dan akhirnya kami yang bakal kesusahan. “Pelajaran” itulah yang aku terima dan selalu kusimpan dalam hati. Aku memang punya usaha.

Dan, usaha yang kutekuni itu terus berkembang, karena aku tak pernah mengambil kredit di bank. Bisa dibilang, aku tidak pernah berutang seumur hidup. Usaha Bangkrut Aku memulai menjalankan usaha sejak menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2009. Menjadi mahasiswa kedokteran saat itu memang banyak kebutuhannya, mulai dari membeli buku yang terhitung mahal, alat praktik, dan kebutuhan lainnya. Pengeluaran untuk kuliah dan kebutuhan sehari-hari cukup tinggI. Jadilah, aku memutuskan untuk mencoba berbisnis. Aku mencoba berbagai jenis usaha, mulai dari fashion, informasi dan teknologi, dan sepatu. Awalnya, bisnis- bisnisku berjalan baik dan omzet yang kudapat pun lumayan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI