Tampilkan di aplikasi

Mengenal trans Jakarta pink bus gandeng khsus perempuan

Tabloid NOVA - Edisi 1493
3 Oktober 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1493

Sebuah moda transportasi umum yang aman dan nyaman disediakan khusus bagi perempuan di Jakarta, bus Trans Jakarta Pink. Lakilaki tak diperkenankan menumpang bus ini!

NOVA
Isu pelecehan seksual baik verbal maupun non-verbal kerap menjadi momok menakutkan bagi para perempuan bekerja yang mengharuskan dirinya untuk pulang dari kantor dengan transportasi umum pada malam hari. Segala upaya telah dilakukan demi menjaga agar diri tetap aman dan nyaman selama perjalanan. Namun, apakah perempuan harus terus merasa terancam? Untuk menjawab kecemasan tersebut, pemerintah DKI Jakarta pada 21 April 2016 lalu meresmikan bus Trans Jakarta Pink (TJP), yaitu bus kota terintegrasi yang dikhususkan bagi penumpang perempuan. Bus yang diluncurkan hanya dua unit dan keduanya bernuansa merah jambu - putih. Sampai saat ini, kedua bus eye-catching itu hanya tersedia di koridor 1 dengan rute tujuan Blok M – Kota. Bus gandeng ini berkapasitas 38 penumpang duduk dan 80 penumpang berdiri.

Kedua bus TJP ini bisa diidentifikasi dengan mudah karena warnanya yang menarik dan terkesan soft. Dari luar bus, Anda bisa melihat tulisan besar yang terpampang di badan bus gandeng bermerek Scania ini dengan tulisan ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ dengan kode bus TJ 0187 dan ‘These Girls Are Smart’ dengan kode bus TJ 0189. Ada perbedaan dari kedua bus ini, yaitu posisi kursinya. Bus dengan tulisan ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ menyediakan kursi penumpang dengan posisi menghadap ke depan layaknya bus umum, sedangkan bus bertuliskan ‘These Girls Are Smart’ memiliki tempat duduk yang sama seperti bus Trans Jakarta pada umumnya yaitu saling berhadapan.

Namun, kursi yang menghadap ke depan hanya disediakan di gerbong bagian depan alias hanya setengah dari keseluruhan bus TJP dengan tulisan ‘Habis Gelap Terbitlah Terang.’ Suka Disindir Karena bus TJP ini diperuntukkan khusus bagi penumpang perempuan, maka pramudi dan petugas on board-nya pun perempuan, meskipun untuk posisi driver, pihak Trans Jakarta hanya mampu menyediakan driver perempuan pada pagi hari.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI