Tampilkan di aplikasi

Wah! belanja online, bisa memicu pertengkaran

Tabloid NOVA - Edisi 1495
18 Oktober 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1495

Belanja di dunia maya alias online shopping dicurigai bisa bikin ketagihan tingkat tinggi. Apa yang harus kita lakukan jika sang pasangan yang kecanduan seperti itu? Atau, jangan-jangan justru kita yang terjangkit.

NOVA
KMall tak lagi di tengah kota, tapi kini ada di dalam genggaman kita. Semua barang yang dipajang di mall bisa kita beli cukup dengan sentah sentuh lewat smartphone. Menurut Anggun Meylani Pohan, M. Psi., Psikolog., Senior Consultant dan Founder PT. Multi Human Cendekiawan, fenomena meningkatnya penggunaan jejaring sosial, diikuti dengan banyaknya pengguna smartphone, menjadi salah satu tolak ukur akan meningkatnya pertumbuhan online shop.

Banyak kemudahan serta keuntungan yang diperoleh dengan bertransaksi melalui online shop. “Penjual dan pembeli tidak perlu merasa direpotkan untuk pergi ke toko. Serta melalui online shopping sepertinya cukup tahu apa yang menjadi pangsa pasar terutama bagi kalangan muda dan produktif,” paparnya. 3 Jenis Individu Perilaku konsumtif terhadap belanja online tersebut setiap tahun mengalami peningkatan yang sangat cepat. Ironisnya, kebiasaan belanja jika berlebihan mampu menyebabkan adanya gangguan dan patologis.

Ada beberapa nama yang seringkali digunakan bagi orang-orang kecanduan belanja, yaitu: pathological buying, compulsive buying, buying addiction, dan oniomania. Sebuah penelitian dalam jurnal PLOS ONE meneliti antara belanja online dan kecanduan. Para ilmuwan masih mencoba untuk mencari tahu untuk mengategorikan belanja patologis secara online dan apakah hal tersebut lebih mirip dengan impuls gangguan kontrol, gangguan obsesif-kompulsif, atau kecanduan belanja (shopping addiction).

Nah, studi tersebut menemukan tiga kategori orang yang rentan terhadap kecanduan belanja online, yaitu: Orang-orang yang suka membeli secara online biasanya menghindari interaksi sosial. Secara umum terdapat tumpang tindih antara pathological buying dan kecemasan (anxiety). Pada individu yang mengalami kecemasan sosial, tidak suka dengan keramaian, belanja online adalah solusi terbaik bagi dirinya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI