Tampilkan di aplikasi

Semprot mobil agar tetap kinclong

Tabloid NOVA - Edisi 1545
13 Oktober 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1545

Musim hujan segera datang, mobil jadi andalan untuk berkegiatan. Tapi jangan lupakan perawatannya, ya! / Foto : iStock

NOVA
Musim basah-basahan air hujan sudah dimulai. Kita beruntung, karena masih bisa terlindung dari air hujan dengan mengendarai mobil untuk berkegiatan. Namun, meski mobil jadi tameng andalan dari guyuran hujan, bukan berarti kita mengabaikan perawatannya. Tanpa disadari, banyak hal yang harus diperhatikan saat mobil kita harus berhadapan dengan siraman hujan. Perawatan mobil yang tepat di musim hujan, tentu akan meminimalisir halhal buruk yang ditimbulkan, termasuk kerusakan pada mobil itu sendiri.

Wiper dan washer merupakan komponen mobil yang cukup penting saat hujan datang. Tugas wiper adalah menghapus curah air di kaca mobil, sedangkan washer akan menyemprotkan air ke kaca mobil. Kedua komponen ini sangat penting, karena pandangan kita saat mengemudi jadi leluasa. Kita bisa mengendalikan mobil dengan aman dan benar.

Untuk itu, jaga agar wiper dan washer berfungsi sempurna dengan melakukan perawatan yang tepat. Cek secara berkala kualitas karet wiper, apakah masih bisa berfungsi maksimal. Jika karet sudah menipis dan getas di beberapa bagian, lebih baik segera diganti, karena akan mengganggu tugasnya menghapus air yang menghalangi pandangan pengemudi. Begitu juga dengan washer, kita harus bisa memastikan airnya cukup agar washer bisa menyemprotkan air dengan baik dan membantu membersihkan kaca mobil dari kotoran.

Perlu diingat, kita harus membiasakan diri menyemprotkan air lebih dulu menggunakan washer, sebelum pakai wiper. Sebab, air yang disemprotkan berfungsi membasuh kotoran seperti getah pohon, kotoran burung, dan lainnya. Jika tak disemprot dulu, maka kotoran yang dibersihkan wiper berpotensi bikin baret kaca mobil kita. O, iya. Jangan lupa juga untuk sekalian mengecek bodi wiper, apakah masih terpasang dengan baik pada mobil kita.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI