Tampilkan di aplikasi

Menikmati keasrian rumah luar dalam

Tabloid NOVA - Edisi 1557
27 Desember 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1557

Keasrian rumah bisa dihadirkan melalui tanaman. Bagaimana agar kita bisa memaksimalkan keindahan tanaman, baik saat berada di dalam rumah maupun di luar rumah? / Foto : Tan Rahardian / Dok. Rumah

NOVA
Tanaman dianggap bisa membuat rumah terlihat asri dan terasa nyaman. Karena dedaunan hijau mengingatkan kita pada alam, sehingga bila terhampar di rumah kita, kita pun merasa sedang berada di alam terbuka sambil menikmati sejuknya udara. Sekalipun sebenarnya kita sedang berada di dalam kompleks perumahan, di tengah kota berudara panas.

Namun, bila tanaman adanya di pekarangan, sedangkan kita berada di dalam rumah, bisa jadi kita tidak menikmati segala kesegaran itu. Yang ada malah tetangga sebelah yang menikmatinya. Bagaimana agar kita bisa benar-benar menikmati pepohonan yang tumbuh di halaman dalam berkegiatan sehari-hari?

Sehingga bila pikiran buntu kita bisa melegakannya dari rumah tanpa harus bepergian ke taman kota. Bahkan, kalau bisa, mulai dari bangun tidur pagi hari kita sudah bisa dibuai oleh pemandangan rimbunnya dedaunan yang menenangkan. Inilah beberapa tips yang dapat Anda terapkan di rumah.

Penuhi halaman depan dengan rumput, perdu, dan pohon yang agak tinggi. Letakkan sebuah pohon di posisi dekat dengan jendela. Pohon yang cukup tinggi akan terlihat dari dalam rumah. Dengan menyibak tirai jendela depan, Anda dapat menikmati kesegaran dedaunan hijau tersebut. Bila ingin menikmati lebih banyak, Anda dapat membuka jendela dan pintu sekaligus.

Bila Anda benar-benar menyukai suasana alam dan berada di tengah-tengah tanaman, sediakan seperangkat kursi dan meja taman di dekat taman. Bila area yang tersedia tidak besar, akali dengan meja dan kursi berukuran kecil. Yang penting bisa digunakan untuk duduk santai di sore hari.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI