Tampilkan di aplikasi

Ruang keluaraga: Hangatkan suasananya

Tabloid NOVA - Edisi 1582
7 Juni 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1582

Ruang keluarga tentu bukan sekadar tempat berkumpul keluarga. Lebih dari itu, kita juga bisa melakukan macam-macam aktivitas di sana. Mulai dari bermain, sampai bekerja. Asal ingat, jangan dipakai untuk menggosipkan tetangga, ya, he-he-he...

NOVA
Bukan hanya berfungsi sebagai tempat berkumpul keluarga atau sanak-saudara yang sesekali bertandang ke rumah, ruang keluarga tentu juga sanggup memenuhi berbagai fungsi lain.

Tak percaya? Sebut saja fungsinya sebagai spot menggali ide dan inspirasi, menemani anak bikin PR, bersantai sambil menonton DVD film terbaru, hingga sebagai spot mengunyah camilan sambil menonton artis favorit di kanal YouTube menggunakan televisi.

Belum berhenti di situ, banyak pula keluarga-keluarga modern masa kini yang sengaja memfungsikan ruang keluarga sebagai ruang tamu karena faktor keterbatasan area, serta sebagai “kantor kedua”, agar bisa tetap bekerja tatkala sedang kumpul keluarga. “Sebenarnya kalau di luar negeri, hierarki ruang itu lebih efisien.

Kenapa? Karena ada beberapa ruang yang disatukan fungsinya karena kalau dilihat secara detail mirip. Kalau di luar negeri, ruang keluarga dan ruang tamu itu sebenarnya jadi satu, karena terkadang mereka menerima tamu di backyard (halaman belakang, red.),” kata Rica J. Ishak, desainer interior pirinsipal dari Studio Satu.

Memang, sih, fungsi dan peran ruang keluarga tampak cukup “gadogado”. Tapi karena kehadirannya amatlah penting, kita pasti ogah, dong, membuatnya jelek dipandang mata? Lagipula, ruang keluarga sangat sering dijadikan patokan untuk menghias keseluruhan rumah.

Tentu bisa dibayangkan, kan, apabila ruang ini tak indah ditata? Makanya, penting bagi kita untuk mendesainnya dengan apik dan ciamik. Kalau sudah cantik, penghuninya pun pasti betah dan tak berkutik! Jangan pula Anda melupakan hal-hal kecil seperti dekorasi tambahan atau ada-tidaknya AC di sana. Salah-salah, malah bisa jadi pengacau ambience ruang keluarga!
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI