Tampilkan di aplikasi

Hadir membeli rasa aman

Tabloid NOVA - Edisi 1591
9 Oktober 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1591

Pagar mungkin hanyalah aksesori. Tapi, bukan aksesori sembarangan, karena kehadirannya sanggup memberi rasa aman di hati.

NOVA
Ibarat fashion, pagar rumah itu bisa kita miripkan dengan aksesori pelengkap seperti kalung, anting, atau gelang. Keberadaannya memang bukan hal utama, tapi akan jauh lebih baik bila ada. Sehingga Anda tak perlu heran bila dalam proyek pembangunan sebuah rumah, rencana pembuatan pagar senantiasa wajib masuk hitungan.

Meski tak dominan, kehadiran pagar rupanya memang punya fungsi unggulan yang akan menunjang fungsi rumah kita secara utuh. Yakni membuat rumah menjadi lebih aman dan privat, serta melengkapi struktur dan konsep keseluruhan bangunan rumah. Adanya pagar, terang memberi secuil kesan aman pada kita sebagai pemilik rumah.

Ketika kita masuk melewati pagar dan melangkahkan kaki ke area dalam rumah, misalnya, kita akan langsung mendapati perasaan aman dan terlindungi. Seakan apa pun yang terjadi di luar rumah, biarlah saja terjadi, selama tak mengusik kita yang berada di dalam. Sebab, di balik pagarlah, kehidupan kita yang sesungguhnya berada.

“Pagar adalah batas, dalam artian penanda batas antara bagian rumah yaitu teritori yang kita miliki dengan area luar, supaya enggak sembarangan orang masuk,” kata Denny Setiawan, arsitek prinsipal dari Studio Denny Setiawan sekaligus Humas IAI (Ikatan Arsitek Indonesia).

Adapun untuk memenuhi fungsi pagar sebagai garda terdepan rumah, kita perlu memerhatikan beberapa kriteria. Hal ini mencakup ukuran lebar dan tinggi pagar, model dan konsep pagar, material pagar, hingga cara perawatan yang tepat setelah pagar itu jadi dan layak digunakan. Rumit? Ah, tidak juga. Berikut kami hadirkan gambaran mengenai seluk-beluk pagar untuk Anda simak. Dan… jangan sampai salah membuat pagar, ya, Sahabat NOVA.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI