Tampilkan di aplikasi

Berbisnis kece tanpa jadi kere

Tabloid NOVA - Edisi 1596
8 Oktober 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1596

Bisnis juga bisa dimulai dari hobi Anda, terutama hobi-hobi yang berhubungan dengan seni. Entah itu menggambar, mendesain, bahkan menjahit. / Foto : ISTOCK

NOVA
Buat Anda, para perempuan yang tinggal di era milenial zaman now, kehadiran ponsel pastinya sudah tidak bisa lepas dari genggaman. Baik untuk urusan fakta yang tertunda alias gosip di grup WhatsApp, memantau flash sale di toko-toko e-commerce, belanja online di Instagram, hingga sentuhsentuh media sosial untuk melihat posting-an kece milik selebgram atau tetangga arisan.

Permasalahannya, apakah kita tetap selamanya ingin menjadi “konsumen konten” alih-alih menjadi produsen? Apakah selamanya, kita ingin menjadi pembeli, daripada menjadi penjual? Lalu, apakah kita masih lebih ingin melihat produk jualan orang lain, ketimbang mengunggah foto “dagangan” sendiri? Pertanyaannya, mengapa tidak kita ubah itu semua, mulai sekarang?

Iya! Mengubah gaya konsumtif menjadi produktif memang tidak mudah. Banyak di antara kita yang barangkali punya beberapa kekhawatiran. Tidak ada darah bisnislah, tidak kreatif, bahkan bilang tidak punya modal atau takut uangnya terkuras. Padahal, ada beberapa pilihan bisnis sederhana yang bisa Anda coba, tanpa harus membayar modal satu rupiah pun, lho!

Jadi, tak perlulah takut uang habis, karena ketika kita mencoba mengubah diri menjadi lebih produktif, kita pun otomatis punya peluang memperoleh dana tambahan. Tentunya, dana ini pun nantinya bisa Anda gunakan untuk belanja lebih banyak. Ups! Pengin berbisnis kece tanpa jadi kere? Bisa, kok. Ini dia caranya.

1. Jasa Titip, Seru Juga! Jasa titip adalah salah satu bisnis paling sederhana. Dengan modal kamera saat kita sedang traveling, kita bisa mengirim foto-foto barang unik ke grup-grup WhatsApp. Misal, saat sedang pergi ke Medan, isengiseng saja kita tawarkan, “Ada yang mau nitip Bolu Meranti enggak, nih? Fresh banget! Nanti begitu sampai, saya kirim pakai ojek!”
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI