Tampilkan di aplikasi

Demi sehat dan siap duduk di balik kemudi

Tabloid NOVA - Edisi 1596
8 Oktober 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1596

Bukan hanya soal kecukupan bensin atau air radiator, Anda pun perlu memerhatikan kondisi fisik sebelum mengemudi. / Foto : ISTOCK

NOVA
Jangankan mengendarai mobil, menunduk berjam-jam memerhatikan smartphone saja pasti kerap jadi hal melelahkan. Tak baik untuk mata, pun tak baik untuk kesehatan Anda. Padahal, dalam berkendara, kita butuh untuk fokus dengan apapun yang terjadi di jalanan. Tak boleh lelah, dan harus benar-benar siap dengan segala kondisinya.

Kesiapan ini bukan lagi soal bensin atau radiator, melainkan soal kesehatan fisik. Bila tak disiapkan matang, tubuh lelah pun bisa jadi masalah. Anda tentu bisa bayangkan dampaknya.

Sehingga, biar Anda terhindar dari lelah dan senantiasa bugar saat memegang kendali, langsung saja simak beberapa tips berikut. Dan ingat! Bagaimanapun juga, keselamatan Anda sangatlah bergantung pada persiapan Anda.

Kondisi Mata dan Pendengaran. Pertama, pastikan mata Anda tidak sedang lelah. Kedua, pastikan Anda cukup konsentrasi mendengar segala bentuk bunyi, seperti klakson, bel pintu kereta, atau raungan sirene. Acuh jelas hanya akan membahayakan keselamatan.

“Kewajiban sebagai manusia, kita punya keterbatasan kemampuan. Kita lelah atau fit, itu hanya kita yang tahu,” kata Sony Susmana, pakar safety driving, pendiri sekaligus pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia.

Stretching Setiap Lelah. Mengemudi memang sangat melelahkan, terlebih karena kita terkurung dalam posisi duduk dan tak bisa bebas bergerak. Untuk itu, penting bagi Anda untuk senantiasa meregangkan otot (stretching), entah itu sebelum menyetir, ataupun saat tubuh terlanjur letih.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI