Tampilkan di aplikasi

"Oke, deal!"

Tabloid NOVA - Edisi 1596
8 Oktober 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1596

Tingkatkanlah kepercayaan diri dengan mempersiapkan ide, gagasan, dan juga pemikiran yang sudah disusun secara sistematis. / Foto : ISTOCK

NOVA
Bukan hanya ke pasangan saja kita harus berkomunikasi efektif demi adanya persamaan persepsi dan mencegah kesalahpahaman. Hal yang sama pun harus kita lakukan kepada klien. Bedanya, isi pesan bukan berupa ungkapan kasih sayang, tapi sesuatu yang sifatnya komersial. Sebegitu pentingkah komunikasi bisnis ini? Tentu! Apalagi bagi mereka yang baru saja merintis bisnis dari nol.

Karena, “Komunikasi dalam bisnis bukan hanya soal bagaimana memengaruhi konsumen sampai pada tahap pembelian. Tetapi juga berkaitan dengan eksistensi perusahaan, penghargaan, prestise, dan prestasi hingga pada terjalinnya hubungan yang baik antara pihak internal dan juga eksternal,” jelas Ferik Trianda Putra, General Manager Talkactive.id.

Namun yang menjadi kendala adalah komunikasi itu merupakan sebuah skill, bukan sesuatu yang diwarisi. Tidak semua orang memiliki skill berkomunikasi bisnis yang baik. Tak jarang pula, banyak yang merasa takut bertemu dengan klien karena mereka adalah seorang pimpinan, direktur, atau bahkan memiliki profit bisnis yang lebih baik dari kita.

Tapi tenang saja, semua hal yang kita khawatirkan itu tidak akan menjadi sebuah kendala jika kita tahu bagaimana cara mengatasinya. Erik memberikan 5 tips komunikasi bisnis agar kerja sama dengan klien bisa berujung dengan kata deal.

1. Keberanian adalah modal awal untuk memulai percakapan dengan klien. Keberanian ini akan muncul ketika kita mampu memosisikan diri sama dengan mereka. Apa pun jabatan, golongan, status, atau bahkan kekayaan yang mereka miliki tetaplah fokus bahwa kita memiliki tujuan sendiri yakni memengaruhi klien agar satu persepsi dengan kita.

2. Meskipun memosisikan diri sama dengan klien, jangan lupa kita juga harus memiliki etika dalam berkomunikasi. Misalnya, nih, mendengarkan lawan bicara dengan baik dan tidak melakukan interupsi di tengah pembicaraan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI