Tampilkan di aplikasi

Indira Dhian Saraswaty, kekuatan bernama Nova

Tabloid NOVA - Edisi 1617
15 Februari 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1617

Bersama NOVA, saya bertemu deretan perempuan inspiratif dari Sabang sampai Merauke yang kami daulat sebagai Perempuan Inspiratif NOVA.

NOVA
Saya tak pernah bermimpi pun bercita-cita bekerja mengasuh media perempuan. Agak ironis memang. Mengingat saat kuliah dulu saya salah satu dari banyak perempuan di masa itu, yang terbuai oleh glamornya kehidupan para redaksi dan penulis dalam film-film macam How to Lose a Guy in 10 Days, Devil Wears Prada, Sex and the City, bahkan Ugly Betty.

Entah kenapa, di mata saya, apa yang tersaji di media-media perempuan masa itu terlihat superfisial. Menawarkan imajiimaji glamor, hiperdramatis, berusaha mirip seperti film-film yang saya sebutkan tadi. “Apa betul, hanya itu saja yang harus dilakoni dan dipikirkan perempuan?” pikir saya.

Pertanyaan itu selalu mengganggu, bahkan setelah saya mulai meniti karier sekian lama sebagai jurnalis di beberapa media terdahulu (yang tentunya, bukan majalah perempuan!). Baru setelah tercebur ke NOVA setelah 12 tahun menjadi pekerja media (ini akan saya ceritakan lain kali), jawaban akan pertanyaan itu saya dapatkan. In a hard way.

Perempuan Itu Beragam. Selama bekerja di sini, brand yang tahun ini memasuki usia 31 tahun dengan jutaan audiens yang loyal bukan main, telah “menampar” saya setiap hari, setiap minggu, dengan kenyataan bahwa perempuan dan semua urusan hidupnya tidak superfisial.

Justru beragam, dinamis, luar biasa, dan perlu disuarakan lebih sering, dan lebih kencang lagi. Bersama NOVA, saya bertemu deretan perempuan inspiratif dari Sabang sampai Merauke yang kami daulat sebagai Perempuan Inspiratif NOVA. Saya terharu melihat Bu Eko asal Solo yang menampung, mengasuh, dan mendidik anak-anak berkebutuhan khusus di rumahnya sendiri. Juga tergugah oleh kegigihan Maizidah Salas yang dipaksa menikahi pemerkosanya, mengalami pahitnya menjadi TKI ilegal, sampai akhirnya berbalik menolong korban trafficking!
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI