Tampilkan di aplikasi

Dian Sastrowardoyo, ketagihan gelar acara Rampok Plastik

Tabloid NOVA - Edisi 1628
3 Mei 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1628

Bintang cantik sekelas Dian Sastro saja mau berpeluh terik merampok plastik. Karena dia tak mau anak cucunya kelak menyantap racun dari dalam badan ikan.

NOVA
Fakta bahwa Indonesia menjadi salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di lautan, sudah lama terjadi. Tapi jika kemudian hanya sedikit yang peduli lantaran baru tahu, salah satunya, ya aktris cantik Dian Sastrowardoyo. Kok, bisa? “Aku awam dan awalnya aku enggak terlalu aware. Aku tahu kerusakan laut sedang terjadi saat ini, tapi aku baru sadar dan aware,” aku Dian saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Bahkan sebagai orang yang suka makan dan kulineran, Dian mengakui dirinya malah ikut berkontribusi menambah sampah plastik. Katanya, “Setiap kita beli jajanan di luar kalau tidak bawa rantang, mereka menyediakan makanan itu di plastik atau styrofoam.” Ternyata, selama ini Dian mengira setiap sampah yang dibuang bisa bernasib sama, yakni didaur ulang. Padahal, hal itu tak berlaku untuk plastik, terutama kantong plastik karena sulit, materinya terlalu tipis dan ringan.

“Sekarang aku baru tahu, bahwa tidak seluruh sampah yang dibawa ke tempat pembuangan akhir itu bernasib sama. Tidak semua memiliki nasib untuk didaur ulang. Yang punya nasib didaur ulang di dunia ini ya, cuma satu persen,” aku Dian. Terus apa kabar dengan 99 persen lainnya? Sisanya menumpuk di tempat pembuangan akhir. Lebih buruknya lagi, yang tak terangkut truk sampah bisa terbang tertiup angin, terbuang ke sungai, berserakan di mana-mana, dan ujungnya bermuara dan mencemari lautan.

Saat Dian datang ke “Pameran Laut Kita dari Sejauh Mata Memandang”, ia pun bercerita tentang kegelisahannya mengetahui banyak ikan paus yang terdampar. Terlebih, baru-baru ini ada ikan paus yang terdampar di Sulawesi karena tak bisa berenang ke dalam laut. “Dia mau menyelam enggak bisa karena di dalam perutnya sudah ada kantong plastik sampai 6 kilogram.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI