Tampilkan di aplikasi

Ada yang lebih penting dari gaji

Tabloid NOVA - Edisi 1636
3 Juli 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1636

Bukannya enggan bersyukur. Namun definisi “cukup” bagi setiap orang pastilah berbeda dan hanya diri kita sendiri yang bisa mengukur.

NOVA
Buat seorang karyawan, gaji memang sangat penting. Makanya, enggak heran kalau soal ini sering jadi bahasan, termasuk di media sosial. Ada yang bangga dengan gajinya, banyak juga yang mengeluh kurang. Padahal dalam bekerja, gaji bukan satu-satunya faktor yang bikin kita betah. Edward Suhadi, fotografer populer yang juga pemilik agensi Ceritera ID pernah membuat thread khusus di media sosial soal gaji. Thread itu dibuat dari hasil ngobrol dengan banyak karyawan dan pengalamannya sebagai bos di sebuah perusahaan.

Terus, bagaimana bos seperti Edward memandang gaji seorang karyawan? “Dari dulu, seorang karyawan selalu merasa gajinya enggak cukup. Tapi orang yang berhasil atau kariernya naik, mereka selalu bilang, Ok, gaji saya enggak cukup. Terus bagaimana saya bisa minta naik gaji? So, apa yang bisa saya lakukan?” kata Edward saat ngobrol santai dengan NOVA di ruangan kerjanya yang nyaman. Bagi Edward, gaji alias upah yang dibawa pulang karyawan bukan sebatas imbalan dari waktu, tenaga, dan perhatian yang diberikan karyawan terhadap perusahaan.

Komponen penilaiannya ternyata banyak dan rumit, misalnya kualitas leadership, kesukaan karyawan dengan jenis pekerjaan, kesempatan belajar dan dipercaya mengerjakan hal lebih besar, serta lainnya. “Jadi jangan melihat pekerjaan hanya sebatas slip gaji, ini kesalahan dalam memilih pekerjaan. Gaji sebetulnya adalah tentang sebuah perusahaan menilai karyawan. Ada bahasa yang lebih sederhana, tapi sering kali rasanya nyelekit kalau enggak dipahami benar. Yaitu: gaji adalah seberapa mudah kamu digantikan,” tambah Edward tersenyum.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI