Kok, kalau kelamaan lihat hp, mataku panas, ya?

Tabloid NOVA - Edisi 1637
8 Juli 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1637

Bukan cuma tubuh yang bisa lelah jika terus menerus melakukan aktivitas tanpa henti. Nyatanya, mata Anda juga bisa lelah.

NOVA
Berada seharian di depan layar monitor sudah menjadi kebiasaan orang-orang di zaman sekarang. Bukan hanya layar komputer, tapi juga layar gawai yang selalu menghiasi setiap bagian dari aktivitas kita sehari-hari. Baik pelajar, pekerja kantoran, mahasiswa, bahkan hingga ibu rumah tangga pun rasanya sulit lepas dari perangkat digital ini. Memang, sih, penggunaan gawai atau perangkat digital lainnya penting demi menunjang kegiatan kita.

Tapi, tahukah Anda jika terlalu lama menatap layar komputer atau gawai bisa membuat mata cepat lelah? Dan parahnya, kita sering tidak sadar. Jangan Sepelekan Ketika mata kita lelah, kita akan merasa mata kita perih, kering atau berair, terasa terbakar atau panas, mengalami iritasi, dan bahkan bisa sampai mengalami nyeri kepala. Seperti yang kita tahu, perangkat digital seperti komputer dan gawai memiliki pancaran sinar yang langsung menuju mata.

Nah, paparan sinar pada layar inilah yang membuat otot mata bekerja lebih ekstra dan membuat mata menjadi kering dan lelah. “Kalau kita liat screen baik HP, komputer, atau komputer tablet, kedipan mata jadi berkurang, ya. Sedangkan air mata itu kan diproduksi kalau kita kedip. Jadi, sudah pasti matanya kering. Nah, ketika mata kering pastinya mata bisa gampang radang dan lelah.

Ada namanya computer vision syndrome, menatap layar terlalu lama itu juga membuat otot mata terlalu berkontraksi,” ujar dr. Damara Andalia, Sp.M., dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center. Memang biasanya setelah berapa lama, sih, mata menjadi lelah? “Enggak ada batasan pasti, tergantung keadaan mata setiap individu, yaitu berbeda-beda. Jadi enggak ada takaran atau ukuran yang pastinya, tergantung matanya. Tapi yang jelas jangan berlebihan aja,” ujar dr. Damara.

Tabloid NOVA dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI