Jaga stamina dengan jahe

Tabloid NOVA - Edisi 1642
12 Agustus 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1642

Rempah Indonesia yang satu ini memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat. Selain diolah untuk masakan, nyatanya jahe bisa diandalkan untuk menopang daya tahan tubuh kita.

NOVA
Sistem pertahanan tubuh manusia tidak selalu dalam kondisi yang prima. Bisa jadi turun dan melemah. Banyak faktornya, mulai dari rutinitas hingga cuaca dan suhu udara yang berubah-ubah. Bahkan, bisa membuat tubuh rentan terserang virus penyakit. Ya, ketika sistem imun dalam tubuh Anda bekerja sebagaimana mestinya, maka Anda tak perlu khawatir. Sebab, sangat mudah bagi tubuh untuk melawan segala penyakit yang menyerang. Tapi bagaimana jika tubuh dalam kondisi yang tidak prima?

Tentu kita harus lebih waspada agar tak jatuh sakit. Tapi yang dimaksud dengan menjaga di sini, bukan berarti kita harus minum obat dan suplemen, lho, ya. Bisa juga dengan aneka jenis bahan herbal yang bisa membantu meningkatkan imunitas. Salah satunya jahe. Rempah Indonesia yang satu ini memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat. Selain diolah untuk masakan, nyatanya jahe bisa diandalkan untuk menopang daya tahan tubuh kita.

“Ada efek rempah atau bahan herbal untuk stamina. Nah, kalau untuk stamina itu paling banyak di jahe. Jadi, jahe itu sering dipakai sama atlet biar kuat, karena dia memang bisa membuat badannya jadi anget dan jadi lebih bertenaga,” ujar dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK., dari RS Pondok Indah Puri Indah dan RS MMC . Asal tahu saja, di dalam jahe terdapat zat aktif bernama gingerol yang bekerja dan berfungsi untuk menjaga sistem imun dan stamina di dalam tubuh manusia.

Yap, tentu hal ini baik bagi stamina Anda yang mulai menurun dan melemah. Kabar baiknya lagi, dengan konsumsi jahe, kita bisa menangkal virus dan bakteri yang mungkin akan menyerang tubuh dengan zat aktif yang ada di dalamnya. “Jahe ini bagus juga karena ada antiradang dan antibakterinya, jadi bisa membantu menangkal virus, karena daya tahan tubuh tetap terjaga,” ujar dr. Raissa saat ditemui NOVA.

Tabloid NOVA dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI