Tampilkan di aplikasi

Musim hujan datang, bawang merah jadi tameng andalan!

Tabloid NOVA - Edisi 1656
21 November 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1656

Jangan mau diganggu virus, siapkan alat tempur dengan trik bawang merah di rumah.

NOVA
Sistem pertahanan tubuh manusia tidak selalu dalam kondisi yang prima. Bisa jadi turun dan melemah. Banyak faktornya, mulai dari terlalu lelah karena kesibukan sehari-hari hingga cuaca dan suhu udara yang berubah-ubah, itu semua bisa membuat tubuh rentan terserang virus penyakit. Apalagi, jika memasuki musim hujan begini.

Asal tahu saja, saat musim hujan tiba, penyakit yang disebabkan oleh virus akan semakin tinggi. Salah satu yang paling sering menyerang adalah virus influenza. Tak memandang anak kecil atau orang dewasa, semuanya dapat dengan mudah terserang virus yang bisa sangat mengganggu aktivitas dan rutinitas. Maka itu, Anda harus siap sedia menjaga agar tak jatuh sakit karenanya.

Tapi yang namanya menjaga ketahanan tubuh tak melulu harus dengan obat dan suplemen, lho, ya. Anda bisa menggunakan bahan tradisional untuk melawan virus ini, misalnya dengan bawang merah. Lho, memang apa khasiatnya? Bisa Serap Virus Dikutip dari Healthy Wild and Free, menaruh irisan bawang merah dapat menjaga kesehatan tubuh karena mampu menyerap virus. Menurut penelitian dokter pada tahun 1918-1920, penyakit flu sempat menular dan menewaskan hampir 50-100 juta orang.

Namun, beberapa orang yang sehat dan tidak tertular ternyata meletakkan irisan bawang merah di sekitar rumahnya. Kok, bisa? Yap, tentu bisa. Pasalnya, bawang merah mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin yang berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, antijamur, serta antiradang. Senyawa ini lalu diubah oleh enzim alliinase menjadi asam piruvat, ammonia, dan alliisin sebagai antimikroba yang bersifat bakterisida. Itulah yang membuat bawang merah bisa menyerap dan melumpuhkan berbagai macam virus, khususnya menetralisir virus influenza.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI