Tampilkan di aplikasi

Kisah para pejuang keuangan keluarga

Tabloid NOVA - Edisi 1657
25 November 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1657

Cathy Sharon

NOVA
Dunia rasanya runtuh kala kehidupan yang kita jalani tak sesuai dengan harapan. Namun, hidup memang perjuangan, bukan? Inilah cerita inspiratif para single parent yang sudah mandiri secara finansial.

Cathy Sharon Aktris, 37 Tahun “Perempuan Punya Power Saat Financial Freedom” Kesibukan saya jadi ibu rumah tangga sepenuhnya, full time working mom. Kalau usaha, dari sebelumnya saya jualan sayur kale.

Perkembangannya baru banget, kale itu organik dan tak ada pestisida. Aku di marketingnya, biasanya memasarkannya melalui sosial media.

Nah, kalau dulu aku tuh biasanya chatting saja. Kalau untuk atur keuangannya tiap bulan pasti saya kan sudah bikin plan kira-kira belanja bulanannya berapa kemudian yang harus saya tanggung berapa persen.

Untuk bayar kredit berapa, untuk belanja berapa, untuk kebutuhan kecantikannya berapa, itu kan kalau untuk wanita emang harus di plot-plotin. Saya tarik tiap bulan udah saya potong, dan sisanya buat tabungan.

Sebaiknya sebagai wanita kita harus membuat target dan membuat plan sendiri. Itu untuk bisa mencapai financial freedom karena sebagai perempuan kamu punya power pada saat financial freedom. Sebisa mungkin saya makan malam sama anak di rumah.

Tidurin anak juga, tadi pagi juga saya nganterin anak sekolah dulu. Semuanya harus terjadwal, misal hari ini saya kerja jam berapa, ya udah saya bisa sama anak jam berapa. Yang penting quality time bukan kuantitas.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI