Tampilkan di aplikasi

Yuk, mulai cari pekerjaan

Tabloid NOVA - Edisi 1657
25 November 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1657

Jangan panik saat menjadi single parent.

NOVA
Santi (35) mungkin tak pernah mengira nasibnya akan seperti ini: tiba-tiba jadi single parent! Kecelakaan yang menewaskan Andi, suaminya tak bisa dihindari. Kini, dia pun harus menghidupi Dika, anaknya yang masih berusia 5 tahun seorang diri. Celakanya, selama ini keuangan keluarga ditanggung sepenuhnya oleh Andi. Lantas, begitu ditinggal Andi, sanggupkah Santi menghidupi diri dan anaknya? Memang tak bisa dimungkiri, finansial jadi masalah penting ketika kita berpisah dari pasangan. Karenanya, begitu kita berpisah, harus segera bisa mencari penghasilan.

Tapi kenyataannya, sering kali mereka yang berpisah terutama karena perceraian didera rasa tidak percaya diri, merasa diri tak punya kemampuan, atau bingung mencari pekerjaan yang cocok. Cocok dalam arti bisa memberikan penghasilan cukup tapi masih punya waktu untuk mengurus si kecil. Namun, berpisah dari pasangan tak berarti kita jadi tak bisa melanjutkan hidup. Karena, peluang kerja selalu ada selama kita mau berusaha. Lantas, pekerjaan seperti apa yang tepat untuk seorang single parent?

Mencari Sendiri

Menurut Sukma, psikolog dari Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), seorang single parent pasti punya kekhawatiran saat mereka harus memulai sebuah pekerjaan yang tidak biasa dikerjakan. Katanya, “Setiap ibu tunggal ada kekhawatiran untuk mencari rezeki sendiri.”

Sukma bilang, kekhawatiran itu dianggap bisa menghambat para ibu tunggal ini dalam upaya mencari pendapatan baru. Namun mereka bisa mengeksplorasi kreativitas untuk mencari pendapatan dengan bantuan teknologi, misalnya dengan berjualan online. “Bisa kerja sesuai hobi juga, seperti terima pesanan makanan atau kue,” tambah Sukma.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI