Tampilkan di aplikasi

Wanda Hamidah, bercerai dua kali, bukan berarti kegagalan

Tabloid NOVA - Edisi 1661
26 Desember 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1661

Wanda Hamidah

NOVA
Lama tak terdengar kabarnya, Wanda Hamidah tiba-tiba membenarkan kabar dirinya telah berpisah dengan Daniel Patrick. Meski terkesan diam-diam dan tak terdengar kabar keretakannya, Wanda dengan tegas bilang proses perceraiannya telah selesai tahun ini.

Bahkan ibu empat anak ini mengaku lebih tenang menghadapi perpisahan karena sudah biasa. Wanda bilang kalau selama berumah tangga, dirinya telah mengusahakan yang terbaik untuk hubungannya dengan sang mantan suami. “Enggak ada yang sempurna, yang penting kita bahagia. Dengan berpisah, kenapa enggak ya? Kadang apa yang terlihat di rumah tangga orang belum tentu benar.

Kelihatannya baik-baik aja, ternyata enggak,” ujar Wanda saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini. Sepertinya Wanda memang enggak ada masalah dengan menjadi single kembali, malah dia menikmatinya. Bisa begitu karena Wanda mengaku sudah biasa. Sebelum menikahi Daniel (2015), Wanda pernah membina biduk rumah tangga 11 tahun dengan Cyril Raul Hakim (2001).

“Buat saya perceraian itu bukan kegagalan, tapi suatu proses hidup dan fase hidup yang membuat saya semakin bijaksana. Saya enggak bilang itu kegagalan. Saya bilang itu kebahagiaan dan keberhasilan,” ujar aktris sekaligus mantan aktivis ini.

Menariknya, jika saat ini Wanda terlihat tegar, itu karena dia yakin kalau enggak ada kebahagiaan dari sesuatu yang palsu. Katanya, “Buat apa dipaksakan kalau kita memang enggak bahagia? Yang penting semua senang dan saya jujur menjadi diri sendiri apa adanya.”

Wanda pun mengajarkan hal sama pada keempat anak-anaknya. Bagi Wanda, meski keluarganya bukan keluarga sempurna dengan orangtua yang lengkap di satu rumah, ketidaksempurnaan itu tetap harus dicintai, karena itulah keputusan yang terbaik.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI