Tampilkan di aplikasi

Kembalinya tren ikan cupang kecantikan seharga puluhan juta

Tabloid NOVA - Edisi 1692
28 Juli 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1692

Uniknya warna dan sirip cupang hias. Hiburan di masa pandemi yang harganya bisa jutaan.

NOVA
Kibasan siripnya “menyihir” tua muda, hingga selebritas Indonesia. Pemula bisa saja jual hingga puluhan juta, tapi apa mudah dirawat? Kalau dulu ikan cupang jadi “mainan” anak- anak sekolah, di masa pandemi ini cupang seperti naik pamor. Sebab selebritas seperti Gisella Anastasia, Ashanty, dan Nadine Chandrawinata saja memeliharanya.

Bedanya cupang yang kini dipiara, diburu, dan dikoleksi bukan cupang aduan. Tapi cupang hias, yang nama kerennya di pasaran jadi betta fish. Tak heran para breeder alias peternak cupang rajin adakan lelang di akun media sosial mereka. Bahkan ada yang sampai menggandeng influencer. “Kalau yang saya tahu, pernah ada bidding (lelang, red.) di grup Facebook Thailand sekitar 3 tahun lalu. Harga cupang plakat, yang ada warna merahnya, terjual Rp30 juta,” kisah Edwin Marsetio Suwardi, Owner Betta House Surabaya.

“Saya sendiri pernah punya cupang jenis plakat green panda, dan marble klasik. Dijual masingmasing seharga Rp4 juta.” Fantastis! Menurut Edwin, meski cupang hias dan cupang adu sama-sama sudah aja sejak dulu, betta fish hias nan cantik ini diminati sekarang karena bisa menghibur orang selama di rumah saja.

Beda dengan fisik cupang adu yang bersirip kecil, berbadan lebih besar, dan warnanya hanya hitam, biru, merah. “Cupang hias punya warna, sirip, dan ekor yang unik dan berwarna-warna. Dan, ikan cupang itu punya jangka hidup yang lama. Kalau dikirim ekspedisi ke luar kota, cupang bisa tahan sampai delapan hari dengan kondisi sehat,” ujarnya.

Dengan semua kelebihan dan ketahanan cupang hias, tentu jadi banyak yang tertarik memilikinya. Eits, ingat! Meski kecil, cupang juga makhluk hidup yang bisa stres dan mati. Itu bisa terjadi kalau para pemula belum punya wawasan yang cukup tentang si ikan dan cara memelihara yang benar.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI