Tampilkan di aplikasi

Jangan remehkan pusing akibat tegang berlebihan

Tabloid NOVA - Edisi 1694
12 Agustus 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1694

Kepala terasa tegang bukan hanya karena kolestrol naik. Tapi, bisa jadi mental Anda sedang kurang baik.

NOVA
Sudah pekerjaan bertumpuk, dikejar-kejar tenggat waktu, eh, anak rewel terus dan rumah berantakan. Bikin sakit kepala, deh. Bahkan, rasanya kepala ini benar-benar seperti mau pecah! Hati-hati, jangan anggap sepele. Bisa jadi itu adalah sakit kepala “tipe tegang” yang cukup serius. Tak Terasa tapi Bahaya Sakit kepala tipe tegang atau tension type headache (TTH) adalah sakit kepala yang memunculkan sensasi tekanan dan ikatan kuat pada kedua sisi kepala. Bahkan, muncul juga pada otot-otot di sekitar kepala, seperti otot leher dan bahu.

Namun, sakit kepala jenis ini tidak disertai gejala kepala berdenyut dan perasaan mual seperti sakit kepala umumnya. Selain itu, TTH termasuk intensitas ringan sampai sedang, dan tidak bertambah meski kita sebagai penderitanya melakukan aktivitas fisik. Tak jarang hal ini membuat kita tak menyadari keberadaan TTH. Memangnya dalam kondisi apa TTH terjadi? TTH menyerang terutama saat kondisi psikis terganggu, seperti mengalami stres pekerjaan, kelelahan, dan dibebani masalah pribadi yang tak kunjung usai.

“Itu sebabnya jenis sakit kepala ini juga dikenal sebagai sakit kepala psikogenik. Stres dan beban pikiran yang melanda seseorang bisa menstimulasi saraf perifer (saraf tepi) pada otak, yang memicu kontraksi pada otot-otot di area kepala dan menimbulkan nyeri. Maka itu, pada pemeriksaan sering dijumpai ketegangan pada otot di sekitar kepala,” ujar dr. Sahat Aritonang, Sp. S, M.Si. Med., dokter spesialis saraf, Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro Jaya.

Masalahnya, jika tidak diatasi dengan baik, TTH bisa saja berkembang menjadi TTH episodik dan meningkat lagi menjadi TTH kronis yang lebih bahaya. Menurut dr. Sahat, jika TTH sudah kronis, maka sangat bisa memengaruhi kualitas hidup dan produktivitas seseorang. Bahkan, bukan tak mungkin memicu munculnya keluhan nyeri pada titik-titik lain, seperti nyeri bahu dan punggung.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI