Tampilkan di aplikasi

Yuk, jadi podcaster bermodal handphone

Tabloid NOVA - Edisi 1694
12 Agustus 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1694

Cuap-cuap di podcast jadi hobi banyak orang di tengah pandemi. Bagaimana caranya?

NOVA
Mulai bosan nonton vlog artis di YouTube? Mungkin bisa coba dengar podcast. Saat ini, podcast memang lagi naik daun, ya karena banyak orang yang pengin mengusir kejenuhan dengan mencari beragam konten alternatif. Nah, bagaimana bila kita enggak cuma mendengarkan, tapi juga bikin podcast sendiri! Untuk podcaster (sebutan pembuat podcast) pemula seperti kita, apa saja sih yang dibutuhkan? Menurut Aria Nothalia, podcaster Sudut Pandang, buat pemula tak perlu modal terlalu banyak. Asal kita sudah punya alat rekam, aplikasi editing audio, dan aplikasi podcast. Itu saja sudah cukup.

“Aku rasa untuk pemula enggak perlu beli mic. Pakai recording di handphone juga sudah bisa dibuat Aria Nothalia Podcaster Sudut Pandang podcast. Nanti, hasil audio itu bisa kita edit agar enak dan nyaman didengar,” ujar Aria.

Selain menyiapkan peralatan recording, sudah pasti kita harus menyiapkan konten yang menarik untuk pendengar. Sebab, bila kita asal mengangkat konten, kita akan kesulitan untuk menembak pasar yang tepat. Kata Aria, “Kalau bisa sudah tentukan dulu nih, topiknya akan fokus membahas apa. Sekarang, udah jarang yang general, karena akan susah dapat pendengar. Kalau sudah memilih topik, baru deh, tentuin segmen pasarnya untuk siapa.” Lalu, apalagi yang harus disiapkan untuk pemula?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI