Tampilkan di aplikasi

Lampshade, seketika ruang jadi hangat

Tabloid NOVA - Edisi 1694
12 Agustus 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1694

Gradasi gelap-terang yang dihasilkan, bikin ruang keluarga jadi lebih berdimensi dan hangat.

NOVA
Kalau Anda mulai bosan dengan ruangan yang tampak dingin dan monoton, coba tambahkan lighting. Tapi yang model apa, ya? Ada banyak jenis pencahayaan yang bisa ditambahkan, tergantung kebutuhan dan selera. Fungsi pencahayaan memang untuk menerangi. Tapi kita bisa memanfaatkan bentuk-bentuk pencahayaan untuk tujuan dekorasi dan membangun mood pada ruang.

Salah satu sumber pencahayaan yang bisa kita gunakan adalah lampu dengan kap atau disebut lampshade. Kap pada lampu ini, membantu melindungi mata kita sehingga tidak langsung kena cahaya lampu yang menyilaukan. Di sisi lain, kap ini juga berfungsi mengarahkan cahaya. Kap berbentuk kerucut dengan bagian besar di bawah, akan mengarahkan cahaya ke bawah. Sementara kap yang berbentuk silinder akan mengarahkan cahaya ke atas dan ke bawah.

Lampu dengan kap bisa berbentuk lampu meja (table lamp) atau lampu yang berdiri di lantai (floor lamp). Mau diletakkan di sudut ruang keluarga, di samping tempat tidur, atau di ruang kerja, cocok saja. Anda bisa pilih bola lampu berwarna putih atau kuning tergantung kebutuhan. Untuk ruang tidur, misalnya, cahaya kuning memberikan suasana yang lebih hangat.

Salah satu keindahan yang dihasilkan dari lampshade ini adalah bentuk cahayanya. Ya, bentuk kap yang beragam akan menghasilkan bentuk bayangan yang juga berbeda-beda. Dan ini menciptakan adanya area yang lebih gelap dan area yang lebih terang. Permainan gradasi gelapterang inilah yang bisa bikin ruang jadi terlihat lebih berdimensi, lebih hangat, dan—dengan penataan yang tepat—bisa terlihat lebih mewah dan berkelas. Jadi, ruangan Anda tak lagi dingin dan monoton.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI