Tampilkan di aplikasi

Beli makanan kemasan? Cek dulu labelnya!

Tabloid NOVA - Edisi 1695
19 Agustus 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1695

Meski sepele, membaca label pada kemasan pangan olahan nyatanya bisa menjaga kita dari gangguan kesehatan. / Foto : ISTOCK

NOVA
Saat pandemi banyak orang mulai kembali memasak sendiri di rumah. Lebih aman dan sehat, alasannya. Namun, nyatanya hal ini tak lantas membuat makanan kemasan sepi pembeli. Bahkan, beberapa orang malah menyetok banyak makanan kemasan untuk nantinya diolah sendiri di rumah. Ya, seperti frozen food kemasan yang kian jadi andalan selama pandemi Covid-19. Anda tak perlu lagi repot mengupas bawang, mengulek cabai, atau meracik bumbu. Jadi, lebih praktis dan hemat waktu. Apalagi, ada banyak ragam pilihannya.

Tapi, sudahkah Anda mengecek label kemasannya sebelum membeli? Hati-hati, lho! Sumber informasi penting yang bisa berpengaruh pada kesehatan Anda, tertera pada label tersebut.

Jadi Antisipasi Awal. Biasanya saat membeli produk makanan kemasan seperti frozen food kita akan fokus pada jenis, rasa, harga, dan tanggal kedaluwarsa. Padahal ada hal yang juga sangat penting, yaitu informasi kandungan yang ada di dalam bahan makanan tersebut. Informasi ini biasanya ditulis pada label yang ditempel atau dicetak pada bagian belakang kemasan produk.

Mengapa penting? “Pangan olahan yang diproduksi secara massal merupakan salah satu pilihan populer keluarga karena periode penyimpanan yang panjang dan kandungan gizi sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Nah, adanya label pangan membuat konsumen mengetahui secara rinci kandungan bahannya, tanggal kedaluwarsa, sampai cara penyajian, sehingga lebih mudah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi keluarga,” ujar Dra. Sutanti Siti Namtini, Apt., Ph.D, Direktur Standarisasi Pangan Olahan BPOM.

Dengan teliti membaca label, Anda dapat mengantisipasi berbagai kandungan yang ada di dalam pangan olahan yang mungkin berbahaya bagi Anda atau anggota keluarga. Misalnya aja, Anda alergi atau sedang menghindari bahan makanan tertentu, Anda bisa terhindar dari bahan-bahan makanan tersebut.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI