Tampilkan di aplikasi

Dampingi anak belajar dari rumah, ekspektasinya jangan terlalu tinggi, Bu!

Tabloid NOVA - Edisi 1695
19 Agustus 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1695

Suara Anda mulai meninggi dan Anda sering marah-marah saat menemani anak belajar dari rumah? Yuk, cari cara agar ibu dan anak tidak sama-sama stres.

NOVA
Sudah enam bulan ini, kantung mata Abby terlihat lebih menghitam, wajahnya pun tidak seceria sebelum anaknya SFH (school from home). Ibu yang juga guru SLB (Sekolah Luar Biasa) di sekolah swasta ini juga terlihat uring-uringan di rumah, terlebih saat membantu dua anak laki-lakinya belajar. Yang satu kelas 4 SD, yang satunya kelas 1 SMP.

“Aku pernah sebulan itu benar-benar pusing dan stres. Jadi, anak-anak enggak paham dengan gadget untuk membantu mereka mengerjakan tugas. Aku ajarin cara pakai Google Meet, Google Classroom, sampai Microsoft Word. Untungnya, aku ngerti dengan gadget itu,” jelas Abby. Di sela membantu anak, perempuan berusia kepala tiga dan tinggal di Jakarta ini juga harus memberesi rumah dan menyiapkan tugas pekerjaannya sendiri.

Tak heran, Abby merasa semakin berat, apalagi kedua anaknya sering menanyai Abby di tengah dirinya sedang sibuk. “Aku jadi enggak fokus, sebentar-sebentar anak minta link Google Classroom mereka. Aku ssebentar-sebentar cek kalender buat lihat jadwal. Gimana mereka nanti, ya,” curhat Abby.

Selama sibuk kerja dengan pekerjannya, Abby memang mengkhawatirkan kedua anaknya itu. Ia khawatir keduanya enggak bisa menyelesaikan tugas yang akan berdampak ke nilai mereka. Nah, Abby tak sendiri, Sahabat NOVA juga merasakan hal serupa. Hal ini terlihat dari hasil survei yang kami adakan beberapa waktu lalu dengan tema Mendampingi Anak SFH.

Hasilnya, sebanyak 80 persen ibu-ibu merasa kesulitan mendampingi/menemani anak. Saat ditanya penyebab kesulitannya, yang paling banyak muncul adalah ibuibu merasa sulit menjelaskan pelajaran ke anak (24%) dan merasa kesulitan meminta anak belajar (24%). Nah, untuk mengatasi kesulitan itu, jawaban yang paling banyak adalah ibu menggunakan cara menjelaskan pelajaran berulang-ulang ke anak dan memilih bertanya pada guru.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI