Tampilkan di aplikasi

Akhirnya, lima putri Keraton Yogyakarta mulai buka-bukaan

Tabloid NOVA - Edisi 1701
30 September 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1701

Kelima putri Sri Sultan Hamengku Buwono X, meluncurkan podcast. Ki-ka: GKR Bendara, GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Hayu, dan GKR Maduretno.

NOVA
Kelima putri Keraton Yogyakarta mulai membuka diri ke masyarakat. Apa tujuannya? Selama ini keluarga Sri Sultan Hamengku Buwono X terbilang tertutup di media sosial. Kita pun hanya bisa mendengar berita keluarga Keraton Yogyakarta itu lewat pemberitaan di media massa. Tapi baru-baru ini, kelima putri Sri Sultan Hamengku Buwono X, yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu dan GKR Bendara meluncurkan podcast yang dinamakan Putri Khedaton. Tujuannya, ya untuk mendekatkan diri ke masyarakat.

Lalu, kenapa baru sekarang? “Jadi baru bulan Agustus itu, mbak Mangku bilang bikin podcast yuk. Makin ke sini, kami merasa ilmu pengetahuan yang kita punya butuh satu tempat tanpa filter lainlain. Soalnya isu di luar macemmacem, dan kebetulan kita baru sekarang punya waktunya,” jelas GKR Hayu kepada NOVA beberapa hari lalu.

Nah, dengan podcast itu, kelima putri Keraton Yogyakarta nantinya akan membahas beragam isu terkait pekerjaan mereka sehari-hari mengurusi keraton, kebudayaan, pekerjaan, berbinis, hingga kegiatan sebagai ibu rumah tangga biasanya. Tak hanya itu, kehadiran mereka di media sosial diharapkan bisa meluruskan isu yang salah tentang keluarga keraton.

Menjaga Gelar. Selain isu keseharian yang melekat di kelima putri keraton, mereka juga pengin menjaga gelar keturunan keraton. Pasalnya, GKR Hayu mengungkapkan kalau di luar sana banyak orang yang pengin memanfaatkan nama mereka untuk mempermudah urusan bisnis di pemerintahan.

Kata Hayu, “Kami sedari dulu sudah diwanti-wanti sama Bapak, jangan pernah menyalahgunakan gelar kami. Jadi ya, memang dari dulu kami enggak pernah bawabawa nama keraton untuk urusan di luar keraton. Tapi, banyak juga yang pengin nawarin proyek ini itu ke kami, untuk mempermudah mereka.” Makanya podcast ini diharapkan bisa mempertegas identitas putri keraton sebenarnya, agar informasi tentang mereka tidak disalahgunakan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI