Tampilkan di aplikasi

Penghasilan tidak tetap, dana darurat tetap wajib

Tabloid NOVA - Edisi 1704
20 Oktober 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1704

Jika ada pemasukan lebih, segera masukkan ke dana darurat, agar tak jadi melarat saat tak dapat penghasilan

NOVA
Dalam membelanjakan uang, sering kali kita cuma berpikir soal “hari ini”. Kalaupun penghasilan kita tetap, kita tidak bisa seperti itu. Nah apalagi bila penghasilan kita tida tetap. Kita perlu punya dana untuk antisipasi terutama di kondisi ya tidak pasti seperti ini. Dan Anda yang punya penghasilan tidak tetap, butuh lebih banyak lagi. Kok, begitu? Lalu, berapa porsi dana yang harus disisihkan?

Jumlah Dipukul Rata
Sejatinya, dana darurat tidak bisa dipisahkan dalam rancangan keuangan keluarga, baik Anda berpenghasilan tetap maupun tidak tetap. Fungsi dana darurat ini sebagai fondasi yang bisa menopang keuangan keluarga, terlebih di masa-masa sulit dan Meski begitu, menurut Windi Widiastuty, CFP., Financial Planner, peran dana darurat akan semakin terasa krusial bagi kita yang berpenghasilan tidak tetap.

Pasalnya, kita akan lebih sering berhadapan dengan kondisi-kondisi yang tak terkendali. Ya, misalnya saja tiba-tiba penghasilan bulan ini menurun drastis, atau malah tak ada yang masuk sama sekali. Secara umum, target dana darurat biasanya didasarkan pada status dan jumlah tanggungan kita. Dana darurat untuk lajang minimal 3 kali pengeluaran bulanan, menikah 6 kali, dan menikah punya anak 9 sampai 12 kali. Tapi, hal ini tidak begitu berlaku bagi kita yang berpenghasilan tidak tetap.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI