Tampilkan di aplikasi

3 sumber pinjaman modal usaha

Tabloid NOVA - Edisi 1708
13 November 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1708

Cara dagang, sih sudah jago, tapi ternyata masih butuh suntikan dana untuk modal pengembangan bisnis. Tepatnya pilih sumber dana yang mana, ya?

NOVA
Modal selalu jadi batu sandungan yang mengganjal bagi kita yang ingin atau baru memulai berwirausaha. Apalagi usaha kita masih skala kecil alias UMKM, masih sangat butuh suntikan dana untuk bertahan dan berkembang. Masalahnya, kalau mau mengandalkan dompet sendiri enggak cukup. Tenang. Faktanya, kucuran dana untuk memberikan modal bagi pelaku UMKM itu bisa didapat dari banyak sumber. Hanya saja kadang kala kendalanya terletak pada kemauan kita untuk mencari akses demi mendapatkannya.

“Kebanyakan UMKM kita ini pinter dagang dan pinter jualan, lho. Tapi sayang enggak pinter mencari pendanaannya. Pertama, mungkin dia enggak tahu harus ke mana, kurang informasi, kurang pergaulan, kurang akses, kurang network, atau banyak juga yang enggak mau,” ujar Hartono Hamdani, Senior Relationship Manager Investree. Ya, selama ini sebagian besar kita mungkin hanya tahu atau mengandalkan bank sebagai sumber utama peminjaman modal usaha.

Tidak salah, hanya saja pinjaman dari bank terkenal dengan prosesnya yang agak rumit dan lama, khususnya bagi pelaku usaha pemula. Bila Anda butuh yang lebih cepat, ada alternatif sumber lain seperti koperasi, KUR (Kredit Usaha Rakyat), hingga fintech (financial technology).

Sesuaikan Kebutuhan. Sebaiknya pilih sumber yang mana, ya? Mendapatkan sumber modal yang pas itu tergantung kebutuhan, yaitu dilihat dari jenis, skala, dan lokasi usaha kita. Maksudnya bagaimana? Katakan usaha Anda tergolong mikro yang menjual produk makanan dengan modal cukup Rp5 juta. Di kota mungkin mencari Rp5 juta untuk modal tidak susah, namun kalau di desa bisa jadi sulit karena terbilang besar. Jika Anda butuh suntikan dana, Anda bisa mengandalkan produk KUR atau koperasi.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI