Tampilkan di aplikasi

Tips belanja online, jangan mudah tergiur promo

Tabloid NOVA - Edisi 1739
18 Juni 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1739

Beragam promo mengundang kita untuk berbelanja online, jangan sampai kita malah tertipu.

NOVA
Beragam promo mengundang kita untuk berbelanja online, jangan sampai kita malah tertipu.dianjurkan berkegiatan dari rumah. Nah, selain lebih praktis, belanja online juga menyenangkan karena biasanya ada banyak promo. Meski begitu, agar kasus di atas tak terulang, sebagai pembeli kita harus lebih cermat dan waspada. Selain agar tak terjadi kesalahan pemesanan, juga menghindari kita jadi korban penipuan. Maklum saja, tren belanja online juga sering dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Menurut Firman Kurniawan, pemerhati masalah digital dan komunikasi, pada dasarnya berbelanja atau bertransaksi adalah soal kepercayaan. Dalam transaksi konvensional (offline) kepercayaan terbentuk ketika pedagang dan konsumen bertemu dan melihat kondisi barang yang akan dibeli. Sedangkan dalam transaksi online yang relatif lebih cepat, proses tersebut hilang.

Sehingga untuk membentuk kepercayaan itu, dalam hal ini agar tetap menarik hati konsumen, pedagang menggantinya dengan berbagai promo menarik seperti cashback, potongan harga, hadiah, dan lainnya. “Tipsnya adalah hati-hati dengan berbagai promo itu, jangan sematamata tertarik pada hadiah dan harga murahnya. Intinya, di mana kita ada peluang untuk terhibur atau tertarik, di situ bisa jadi pintu masuk penipuan. Nah itu, (kita) harus wasapada,” kata Firman.

Berbelanja di Marketplace. Memang tak bisa dimungkiri, beberapa kasus penipuan kerap terjadi dan menimpa konsumen yang berbelanja online. Itu sebabnya, agar terhindar dari penipuan, Firman menyarankan kita berbelanja online di marketplace ketimbang toko online yang ada di media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Terutama jika tokonya tak jelas. Nah, marketplace dinilai lebih sistematis karena memiliki proses seleksi yang cukup ketat untuk kita yang akan berdagang.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI