Tampilkan di aplikasi

Belanja online dengan COD, komplainnya jangan sama kurir, ya!

Tabloid NOVA - Edisi 1740
25 Juni 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1740

Transaksi COD saat belanja online sering bermasalah. Apa sebabnya?

NOVA
Beberapa bulan belakangan, sistem pembayaran saat belanja online ramai dibicarakan. cash on delivery (COD) Bahkan, video tentang COD yang berujung masalah sering kali viral. Banyak kurir jadi sasaran amuk pembeli, yang kecewa karena barang yang diterima tak sesuai harapan. Tak hanya menolak membayar, pembeli dalam video viral itu merasa tidak puas dengan barang yang dipesan dan mengancam kurir.

Ada yang mengumpat kasar, menolak membayar, hingga menodongkan senjata tajam. Terakhir, peristiwa pembeli mengancam kurir COD kembali terjadi di Kresek, Tangerang, Banten. Dalam video viral yang diunggah akun Instagram @info.banten Rabu (16/6), memperlihatkan pembeli membentak dan mengancam akan memborgol kurir yang mengantar barang yang dibelinya.

Edukasi Sistem COD. Kasus kurir diamuk pembeli akibat transaksi COD, menurut Ferry Kusnowo, Chief Customer Officer Lazada Indonesia karena masyarakat dinilai belum memahami dengan jelas sistem pembayaran COD, sehingga menimbulkan kesalahpahaman antara pembeli dengan kurir yang mengantar barangnya.

“Perlakuan tidak menyenangkan pembeli yang memilih metode pembayaran COD kepada kurir, menunjukkan masih minimnya pengetahuan masyarakat terhadap transaksi secara digital,” ujar Ferry seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (16/6). Sementara itu, Tulus Abdi, Ketua Yayasan Layanan Konsumen Indonesia (YLKI), menyebut bahwa dari kasus-kasus yang terjadi rasanya diperlukan edukasi kepada konsumen agar dapat memahami sistem COD lebih baik lagi.

Lantas, bagaimana sebenarnya mekanisme dari sistem COD ini? Sebelum ramai dipraktikkan di marketplace, sistem COD biasanya dipakai untuk transaksi personal, antara penjual dan pembeli secara langsung. Jadi pembeli yang tertarik langsung kontak penjualnya, membuat kesepakatan, janjian ketemu untuk melihat barangnya, baru terjadi transaksi pembayaran setelah pembeli setuju dengan barang yang sudah dilihatnya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI