Tampilkan di aplikasi

Kabar baik! Vaksinasi Covid-19 aman untuk ibu hamil

Tabloid NOVA - Edisi 1743
16 Juli 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1743

Bila kemarin masih ragu-ragu, kini sudah ada penjelasan resminya. Seperti apa?

NOVA
Beberapa kondisi seperti perubahan sistem imun dan kardiovaskular pada ibu hamil membuat ibu berpotensi menderita penyakit berat jika terinfeksi virus. Oleh karenanya, ibu hamil tergolong sebagai salah satu kelompok rentan. Berdasarkan data yang disampaikan Pehimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) sejak April 2020 sampai April 2021 lalu, ada 536 ibu hamil yang positif terinfeksi Covid-19.

Sebanyak 51 persen dari ibu hamil adalah orang tanpa gejala (OTG) dan 75 persen kejadian ditemukan pada usia kehamilan 37 minggu. Tak heran banyak ibu hamil yang galau. Ingin vaksin biar terlindungi, tapi vaksinnya belum bisa untuk ibu hamil. Nah, saat ini pemberian vaksin Covid-19 terhadap ibu hamil sudah dinyatakan aman, dan baik untuk ibu dan janin yang dikandungnya. Benarkan demikian?

KIPI Hampir Tak Ada. Dalam konferensi pers virtual bersama Tim Mitigasi IDI, Jumat (2/7/2021) lalu, POGI melakukan upaya perlindungan dengan mengeluarkan rekomendasi vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil. Mengacu pada studi preliminary dari the New England Journal of Medicine, semua vaksin dengan non-live virus atau vaksin dengan virus yang sudah mati bisa diberikan untuk ibu hamil.

Nah, vaksin Covid-19 yang ada sekarang pun tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kehamilan, terutama pada vaksin Covid-19 yang mengandung non-live virus. Berdasarkan rekomendasinya, ada lima jenis vaksin yang bisa digunakan untuk ibu hamil, yakni Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Sinovac, dan Sinopharm. Hanya saja masih menunggu dukungan dari Kementerian Kesehatan dan Badan POM dalam hal teknis regulasi. Tapi, bagaimana keamanannya?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI