Tampilkan di aplikasi

Jadi menu populer, begini asal mula sandwich tercipta

Tabloid NOVA - Edisi 1750
3 September 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1750

Masih hangat di media massa jika restoran Subway akan kembali membuka gerainya di Indonesia. Kali ini bukan prank seperti sebelumnya, lho. Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira, khususnya bagi para pecinta sandwich

NOVA
Jika Sahabat NOVA adalah pecinta drama korea atau drakor, pasti sudah enggak asing dengan ritel satu ini. Subway kerap muncul di banyak drakor, di mulai dari Descendants of the Sun (2016), hingga Crash Landing on You (2019). Untuk diketahui, Subway sendiri sebenarnya adalah restoran asal Amerika Serikat yang menjual sandwich dengan aneka isian. Namun, Sahabat NOVA tahu enggak sih dari mana sebenarnya menu sandwich pertama kali muncul? Nah biar semakin kenal, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu asal-usul sandwich yang sering bikin ngiler kalau nonton drakor. Yuk, simak!

Mulai dari Bermain Kartu. Sandwich biasanya terdiri dari dua potong atau lembar roti yang di isi beragam isian seperti daging, keju, sayuran, telur, dan aneka isian lain, lengkap dengan sausnya. Mengutip dari BBC News sandwich pertama kali ditemukan pada tahun 1762. Saat itu John Montagu seorang bangsawan atau yang dikenal sebagai 4th Earl of Sandwich, meminta daging diselipkan di potongan roti miliknya.

Alasannya saat itu John tengah bermain kartu. John memang terkenal hobi bermain kartu dan tak ingin diganggu saat bermain, termasuk diganggu untuk makan. Pikirnya, dengan ide itu ia tetap bisa makan sambil tetap meneruskan permainannya. Padahal pada abad ke-15 dan ke-16 saat itu, orang-orang belum terbiasa makan dengan menggunakan tangan seperti yang dilakukan oleh John Montagu.

Jadi Julukan. Bukan sekali atau dua kali, tapi John terus meminta pelayan membawa irisan daging yang dilapisi dua lembar roti. Hingga akhirnya teman-teman John pun semakin familiar dengan apa yang dipesannya. Kebiasan inilah yang akhirnya melahirkan menu sandwich pada makanan ini. Sejak saat itu, tanpa disangka-sangka sandwich menjadi salah satu menu yang populer dan merambah belahan dunia lainnya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI