Tampilkan di aplikasi

Tren “kretekin” punggung pegal dengan chiropractic

Tabloid NOVA - Edisi 1752
17 September 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1752

Saat punggung pegal atau nyeri, rasanya enak kalau dipijat. Makin afdal lagi kalau saat dipijat bisa terdengar bunyi “kretek”. Rasanya lega! Tapi aman?

NOVA
Beberapa minggu ini, ramai perbincangan di lini massa tentang kegiatan selebritas Instagram, Bima Aryo yang melakukan terapi pijat untuk para rekan artisnya demi menghilangkan pegal-pegal. Dari Feby Rastanty, Ivan Gunawan, Ruben Onsu, Pamela Bowie, hingga Ayu Ting Ting pernah mencobanya. Kegiatan ini diunggah Bima di akun YouTubenya dalam playlist Kretek Abal.

Dinamai “kretek” karena suara yang keluar saat proses pijat berbunyi demikian. Sedangkan kata abal disematkan lantaran Bima belumlah seorang profesional. Ya, dalam dunia medis, terapi pijat yang dilakukan Bima biasa disebut dengan terapi chiropractic. Bima mengaku pernah menjadi pasien chiropractic dan sekarang sedang belajar mendalami ilmunya. Lantas, apa saja manfaatnya? Apa ada risikonya?

Bikin Rileks. Secara singkat, chiropractic adalah sebuah bentuk terapi alternatif untuk perawatan tulang, otot, saraf, dan persendian. Terapi ini idealnya dilakukan oleh dokter atau terapis profesional yang disebut chiropractor. Para chiropractor diwajibkan mengikuti pelatihan khusus untuk mendapatkan sertifikasi sebelum bisa melakukan chiropractic.

Terapi chiropractic diklaim dapat membantu mengatasi nyeri pada otot dan persendian. Misalnya, masalah nyeri punggung, sakit leher dan bahu, sakit siku, hingga nyeri akibat osteoartritis. Selain itu, dilansir dari Webmd.com, chiropractic dikatakan mampu meningkatkan kemampuan kerja sistem neuromuskuloskeletal (sistem yang terdiri dari syaraf, otot, jaringan ikat, serta tulang dan sendi) sehingga bisa meningkatkan fungsi sistem lain di seluruh tubuh. Lantas, bagaimana chiropractic dilakukan?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI