Tampilkan di aplikasi

Childfree bukanlah egois, pernikahan tidak harus punya anak, kok!

Tabloid NOVA - Edisi 1752
17 September 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1752

Memiliki anak bukan satu-satunya tujuan pernikahan. Jika tidak mau, tidak apa-apa juga. Asal pertimbangkan dengan benar.

NOVA
“Ingin punya anak berapa, nih, nanti?” “Mau langsung atau tunda dulu?” Rasanya pertanyaan semacam ini tak asing lagi di telinga. Bukan cuma ditujukan kepada kita yang sudah menikah, bahkan kita yang baru akan menikah. Biasanya, sih, pertanyaan ini disampaikan oleh orang terdekat, ya orangtua, nenek, tante, paman, dll. Tapi coba bayangkan sejenak. Apa yang akan terjadi jika kita menjawab pertanyaan itu dengan pernyataan tegas dan mantap, “Saya enggak mau punya anak.” Duh! Bisa-bisa kita lansung dapat ceramah panjang-lebar, bukan tak mungkin disertai gunjingan dan cibiran.

Kira-kira kondisi inilah yang belakangan dialami oleh YouTuber Gita Savitri. Setelah menikah dengan suaminya, Paul pada 2017 silam, mereka mengungkapkan keputusan untuk tidak memiliki anak kepada publik. Ya, hidup bahagia berdua saja sebagai pasangan. Tentu, pernyataan mereka jadi viral hingga banyak hujatan yang datang. Bahkan, dari orang yang tak mereka kenal.

Padahal, itu hak mereka sebagai individu dan pasangan, bukan? Apa hak kita melarang mereka mengambil jalan tersebut? Memang, sih, keputusan untuk tidak memiliki anak atau childfree masih jadi kontroversi, khususnya di Indonesia. Pasalnya, setelah menikah, memiliki keturunan merupakan salah satu hal yang dinantikan. Makanya, enggak heran banyak stigma datang. Salah satunya dengan melabeli perempuan yang memilih childfree sebagai perempuan egois. Sebab, dianggap hanya memikirkan kepentingan dan kenyamanan diri sendiri. Benarkah egois?

Banyak Faktor. Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita sepakat dulu tentang apa itu childfree. Karina Negara B.A., M.Psi., Psikolog., mengatakan pada NOVA jika childfree adalah keputusan orang dewasa, baik lajang atau berpasangan, untuk memilih tidak memiliki anak atau keturunan. Keputusan ini bukan karena terpaksa atau karena tidak bisa punya anak secara biologis, melainkan sebagai pilihan jalan hidup.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI