Tampilkan di aplikasi

Trik membuat anak menurut tanpa syarat

Tabloid NOVA - Edisi 1752
17 September 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1752

Agar anak nurut, orangtua suka memberikan ancaman atau imbalan. Benar, enggak, sih cara ini?

NOVA
Sahabat NOVA, apakah Anda termasuk orang yang sering melakukan hal tersebut? jika ya, sebaiknya tinggalkan pola asuh tersebut. Karena selain pesan yang disampaikan kepada anak jadi tidak sampai, menurut psikolog anak dan keluarga Ayoe Sutomo, M.Psi, pola asuh tersebut membuat anak kecanduan. Dampaknya setiap anak melakukan sesuatu maka harus dengan syarat, jika sudah begini tentu merepotkan kita.

Misalnya, anak baru mau belajar setelah diberikan imbalan, padahal akan lebih baik jika kita memberi anak motivasi. Contohnya saja, mengajak anak belajar sembari menjelaskan tujuan dan manfaat yang didapatkan jika si anak mau belajar. Tentu saja dengan bahasa yang disesuaikan dengan si kecil. Misalnya saja seperti ini, “Abang belajar dulu, yuk. Abang, kan, pengin jadi pilot. Biar pintar dan bisa jadi pilot, Abang perlu belajar.” Yang juga sering terjadi dan perlu diwaspadai, kita memberikan reward dalam bentuk pujian.

“Anak juga paling candu dengan pujian, misalnya, Wah anak Mama paling ganteng, Mama bangga banget sama kamu. Hal seperti itu akan membuat anak selalu mencari validasi dari luar. Jadi melakukan sesuatu untuk dipuji, anak jadi berpikir kalau enggak dapat pujian ngapain aku lakukan itu,” kata Ayoe. Nah, agar si kecil bisa menurut dan mendengarkan tanpa syarat, inilah tips dari Ayoe Sutomo.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI