Tampilkan di aplikasi

4 alasan gigi bungsu harus segera dicabut!

Tabloid NOVA - Edisi 1758
29 Oktober 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1758

Namanya “bungsu”, munculnya setelah kita dewasa. Kalau tempatnya enggak cukup, sakitnya luar biasa.

NOVA
Dalam salah satu adegan di drama Korea, (2021) yang baru saja tamat, Yoon Hometown Cha Cha Cha Hye-jin, dokter gigi yang diperankan Shin Min-a menyarankan pada seorang guru perempuan untuk segera melakukan pencabutan gigi bungsunya. Awalnya, sih, ibu guru itu tak menyadari memiliki gigi bungsu, sampai timbul rasa tak nyaman pada bagian belakang mulutnya.

Gigi bungsu sendiri adalah gigi geraham ketiga di bagian paling belakang mulut. Gigi bungsu biasanya muncul paling terakhir, setelah semua gigi tumbuh permanen. Umumnya, gigi ini tumbuh di usia 17-25 tahun. Meski begitu, tak semua orang gigi bungsunya tumbuh. Gigi bungsu pun tak perlu dicabut jika sehat, tumbuh sepenuhnya (erupsi penuh), posisinya benar, dan bisa menggigit dengan benar dengan gigi lawannya, serta terjangkau untuk dibersihkan sehari-hari.

Sayangnya, sering kali gigi bungsu tumbuh secara tidak normal dan akhirnya menyebabkan masalah selama atau setelah pertumbuhannya, sehingga harus segera dicabut. Tindakan ini bertujuan mencegah komplikasi yang lebih serius karena gigi bungsu yang tumbuh abnormal, seperti kista, penyakit gusi, atau infeksi. Lantas, dalam masalah atau kondisi apa saja gigi bungsu harus segera dicabut?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI